Mahasiswa ILKOM UNSIKA Menyelenggarakan Seminar Perkembangan Koperasi

Kabar Karawang - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang menyelenggarakan seminar guna membantu perkembangan koperasi di Desa Warung Bambu

 

Mahasiswa ILKOM UNSIKA

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) mengadakan seminar pada Selasa, 20 Juni 2023 dengan tema "Menggalakan koperasi desa dengan menjunjung tinggi nilai dan prinsip perkoperasian Indonesia" yang bertempat di ruang kelas SDN Warung Bambu III.


Koperasi unit desa merupakan koperasi di wilayah pedesaan yang bergerak dalam penyedian kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan kegiatan pertanian.

Koperasi unit desa dapat juga disebut sebagai koperasi serba usaha karena berusaha memenuhi berbagai bidang seperti simpan pinjam, konsumsi, produksi, pemasaran dan jasa.


Hj. Yeni Maryani SKM, M.M sebagai pemateri dari kegiatan tersebut menyampaikan materi tentang perkoperasian


"Koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan 9 orang, atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya. Dari anggota, oleh anggota, untuk anggota. Arah koperasi Indonesia ingin membuat koperasi sehat, koperasi kuat dan koperasi mandiri. Manajemen koperasi; perencanaan/strategi, manfaat perencanaan. Tujuan, tugas dan peran koperasi; menyelesaikan masalah ekonomi, memajukan kesejahteraan umum dan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, kesejahteraan anggota khususnya masyarakat pada umumnya, menunjang kepentingan ekonomi anggotanya, mempertinggi kualitas kehidupan manusia."


Dengan adanya seminar ini bertujuan untuk mengetahui peranan koperasi Unit Desa di Desa Warung Bambu, dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat tersebut di desa Warung Bambu.

 

Mahasiswa ILKOM UNSIKA

Seminar ini bahkan bertujuan untuk memperoleh informasi dan data dari pengurus serta anggota Koperasi Unit Desa. Bahwa peran Koperasi Unit Desa (KUD) Warung Bambu dapat menerapkan peranya sebagai koperasi Pentingaya peranan dan tujuan KUD Warung Bambu yaitu untuk mengatur prilaku atau kegiatan seseorang. Kegiatan Koperasi Unit Desa dalam menjalankan perannya yaitu untuk meningkatkan produksi, mewujudkan pendapatan, yang adil dan kemakmuran yang merata serta meningakatkan ekonomi anggota.

Posting Komentar