Jelang Idul Adha Distan Karawang Siapkan 12.000 Kalung Label Hewan Qurban Sehat


Dinas Pertanian Karawang berencana sebar 12 ribu label sehat bagi hewan kurban di 30 Kecamatan mulai pekan depan. Sebelum menerima label sehat, Bidang Pertenakan Distan akan turun lapangan bersama sejumlah penyuluh pertanian untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban jenis kambing/domba, sapi maupun kerbau di sejumlah lapak dan peternakan.(9/7/2021).

Kepada kabarkarawang.com, seorang Kasie Distan Karawang, Hj Nining Komalaningsih mengungkapkan, meskipun Work From Home (WFH) 100 persen, namun pemeriksaan hewan kurban sangat penting menjelang idul adha. Sehingga, sesuai instruksi Kepala Dinas, pihaknya akan tetap kelapangan melakukan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan. Sebab, sambung Nining, ada 12 ribu label sehat dan layak hewan kurban yang disiapkan untuk di sebar ke 30 Kecamatan di Karawang.

"Rabu pekan ini sudah mulai, namun jalur-jalur yang akan di periksa saat ini masih ada lapak-lapak yang belum buka. Insha Allah pekan depan kita turun lapangan bersama para penyuluh pertanian yang ada di desa-desa, " Ujarnya.

Ia menambahkan, item pemeriksaan sendiri mulai syarat umur hewan kurban, kesehatannya seperti gigi dan organ tubuhnya yang tidak cacat hingga hewan yang berasal dari luar Karawang juga tak luput dari pemeriksaan pihaknya."Kalau hewan kurban yang dari luar Karawang, harus melampirkan surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asalnya, " Ucap Nining.

Meskipun ada kecemasan tersendiri karena kondisi pandemi, sebut Nining, namun ia pastikan semua tim pemeriksa dan penyuluh akan menerapkan protokol kesehatan secara masif saat di lapangan. (Rd)
Posting Komentar