Tak Hanya yang Matang, Kurma Muda Ini Membawa Banyak Ragam Manfaat

Kabar Karawang - Buah berwarna cokelat ini dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Umumnya, masyarakat Indonesia mengonsumsi kurma saat memasuki bulan Ramadan atau puasa.

Tak Hanya yang Matang, Kurma Muda Ini Membawa Banyak Ragam Manfaat

Tak hanya kurma matang, ada juga sejumlah masyarakat yang tertarik membeli kurma muda. Berbeda dengan kurma matang, kurma muda atau biasa disebut Rutab masih berwarna hijau agak kekuningan.

Rasa kurma muda tidak terlalu manis, cenderung sepat namun terasa segar. Teksturnya juga berbeda, kurma muda sedikit lebih keras sehingga ketika digigit terasa renyah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat kurma muda bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menstabilkan Gula Darah

Kurma muda dipercaya dapat menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh. Perlu diketahui, kandungan gula pada kurma muda jauh lebih sedikit daripada kurma tua. Tak hanya itu, teksturnya yang berserat membuat perut jadi terasa kenyang lebih lama.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat tinggi pada kurma muda ternyata juga baik untuk sistem pencernaan. Menurut penelitian dari Jordan University of Science and Technology, mengonsumsi kurma muda secara rutin dapat mencegah seseorang terkena diare dan sembelit.

3. Memenuhi Cairan Tubuh

Kurma muda segar ternyata mengandung lebih banyak air. Hal ini karena kurma belum melalui banyak proses pengeringan, sebagaimana kurma matang yang banyak dijual di pasaran.

Karena banyak mengandung air, kurma muda dipercaya dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini membuat tubuh tetap terhidrasi.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kurma muda mengandung senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga membuat seseorang jadi nggak mudah terserang penyakit.

Kurma muda diklaim lebih efektif untuk menangkal serangan radikal bebas. Selain itu, antioksidan di dalam kurma muda mampu mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit kronis, seperti kanker dan serangan jantung. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan klaim tersebut.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang diet, disarankan untuk rutin mengonsumsi kurma muda. Sebab, buah ini mengandung serat tinggi dan kalori yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai camilan sehat.

Namun, agar berat badan bisa turun dengan cepat sebaiknya diimbangi juga dengan menjaga pola makan. Selain itu, jangan lupa untuk rutin berolahraga.

6. Mengatasi Masalah Kesuburan

Dilansir e-jurnal uma.ac.id, kurma muda dipercaya sebagai obat untuk mengatasi masalah kesuburan, terutama bagi pria. Biji dan serbuk sari kurma muda diketahui memiliki senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi pada pria maupun wanita.

Tak hanya itu, vitamin B6 pada kurma muda diyakini dapat menyeimbangkan kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Kedua kadar tersebut sangat penting untuk proses reproduksi.

7. Memperlancar Proses Persalinan

Bagi ibu hamil, mengonsumsi kurma muda secara rutin saat trimester ketiga diyakini dapat membantu memperlancar proses persalinan. Sebab, kurma muda mengandung senyawa pengikat reseptor oksitosin.

Senyawa tersebut merupakan hormon yang bertanggung jawab pada kontraksi persalinan. Dengan begitu, mengonsumsi kurma muda dapat merangsang pembukaan jalan lahir sehingga waktu persalinan akan lebih singkat.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kurma muda yang terakhir adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Mengutip Web MD, kurma muda mengandung kalsium yang baik untuk tulang. Tak hanya itu, kurma muda juga mengandung fosfor, kalium, dan magnesium.

Posting Komentar