Pembukaan Piala Asia 2023 Berlangsung Meriah dan Gemerlap

Kabar Karawang - Upacara pembukaan atau 'Opening Ceremony' Piala Asia 2023 berlangsung meriah di Stadion Lusail, Doha, Jumat (12/1/2024) petang waktu setempat atau malam hari WIB. Dengan ini, pesta sepak bola terbesar di Benua Asia resmi dibuka.

Pembukaan Piala Asia 2023 Berlangsung Meriah dan Gemerlap

Upacara pembukaan atau 'Opening Ceremony' Piala Asia 2023 berlangsung meriah di Stadion Lusail, Doha, Jumat (12/1/2024) petang waktu setempat atau malam hari WIB. Dengan ini, pesta sepak bola terbesar di Benua Asia resmi dibuka.

Stadion Lusail tampak penuh sesak dipadati penonton yang ingin menyaksikan kemeriahan upacara pembukaan Piala Asia 2023. Keluarga Kerajaan Qatar turut hadir di stadion didampingi beberapa para petinggi federasi sepakbola di negara-negara Asia.

Upacara pembukaan diawali dengan peluncuran kembang api yang disertai tabuhan musik dan lighting yang gemerlap. Kemudian, dilanjutkan oleh tarian khas Qatar dan pertunjukan jerboa atau hewan pengerat gurun yang menjadi maskot Piala Asia 2023.

Setelah itu, lagu resmi Piala Asia 2023 juga dinyanyikan oleh duo ikonik, Humood Al Khuder dan Fahad Al Hajjaji, yang diberi judul 'Hadaf'. Lagu ini dinyanyikan di depan penonton yang penuh sesak di Stadion Lusail selama upacara pembukaan.

Maskot Piala Asia 2023 juga menghiasi stadionnya. Maskotnya adalah lima keluarga jerboa yang merupakan binatang pengerat di gurun, yang nama-namanya adalah Saboog, Tmbki, Freha, Zkriti, dan Traeneh.

Aksi teatrikal yang berjudul 'Kelileh o Demneh', jadi suguhan pertunjukkan upacara pembukaannya. Ini merupakan merupakan dongeng dari Persia dengan karakter hewan-hewan yang menggambarkan persatuan dalam perbedaan.

Setelah acara pembukaan ini, akan dilangsungkan pertandingan pembuka antara tuan rumah Qatar vs Lebanon pada matchday pertama Grup A, Jumat (12/1/2024) pukul 23.00 WIB. Qatar akan memulai perjuangannya untuk mempertahankan gelar juara.

Sementara itu, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Skuad Garuda akan melakoni laga perdananya melawan Irak di Ahmad bin Ali Stadium, Senin (15/1/2024) malam WIB.(PK)

Posting Komentar