Viral, Ini Sederet Fakta Jeruk Kimkit dan Kulitnya yang Dapat Dimakan

Selain jeruk yang berwarna kuning, ada juga jeruk unik yang sempat viral bernama jeruk kimkit atau limeberry. Sebagai negara tropis yang subur tanahnya, ada banyak buah-buahan unik yang bisa ditemukan di Indonesia.

Foto :Jeruk Kimkit

Jeruk, apel, hingga buah-buahan eksotis menjadi daya tarik dari hasil panen di tanah Indonesia. Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet fakta jeruk kimkit yang sedang viral di media sosial, yaitu:

1. Identitas jeruk kimkit

CABI Digital Library menyebut jeruk kimkit memiliki nama latin Triphasia Trifolia atau juga dikenal dengan istilah limeberry. Menurut catatan para peneliti buah ini tersebar menjadi 2100 spesies yang tumbuh subur di negara tropis dan subtropis.

Indonesia-Malaysia, Filipina, dan Papua Nugini menjadi tiga negara yang disebut sebagai lahan subur untuk menanam jeruk kimkit. Jeruk kimkit membutuhkan matahari yang cukup untuk perkembangan pohon hingga buahnya.

Sebelum viral dan terkenal, jeruk kimkit tubuh subur dengan bantuan hewan-hewan di alam liar. Biji jeruk kimkit yang dimakan hewan dan berceceran di hutan dapat hidup dan tumbuh subur tanpa perawatan khusus.

2. Kulitnya dapat dimakan

Tetapi karakteristiknya yang unik membuat banyak orang penasaran dengan jeruk kimkit. Ukurannya tidak sebesar jeruk manis lainnya yang biasa dijajakan di pasaran.

Besarnya sebuah jeruk kimkit bisa dibandingkan menyerupai jeruk nipis kecil saja. Uniknya, untuk menyantap buah ini kamu tidak perlu mengupas kulitnya.

Jeruk kimkit atau kingkit bisa langsung dimakan dan dikunyah langsung bersama kulit-kulitnya. Tekstur kulitnya yang tipis dan renyah tidak memberikan rasa pahit atau mengubah kesegaran buahnya sama sekali.

3. Identik dengan perayaan Imlek

Menurut laporan CNBC (26/1) jeruk yang banyak ditanam di Guangzhou, China akan melonjak permintaannya ketika mendekati perayaan Imlek atau tahun baru China. Masyarakat China percaya bahwa jeruk merupakan perlambang keberuntungan yang harus disajikan saat tahun baru.

Di Indonesia sendiri biasanya jeruk kimkit akan dijual bersamaan dengan jeruk mandarin atau jeruk keprok dan jeruk shantang. Rasa buahnya yang manis dan menyegarkan diharapkan membawa peruntungan dan kehidupan yang manis sepanjang tahun.

4. Harga jual

Jeruk kimkit dapat dibeli langsung di toko buah atau rak buah di supermarket. Tetapi harus memilih supermarket yang lebih besar dan lengkap untuk mendapatkan jeruk kimkit yang segar dengan persediaan yang banyak.

Memeriksa harganya secara online, mendapati sekotak jeruk kimkit dijual berkisar Rp 33.000 - Rp 46.000 per kotak. Satu kotaknya berisi sekitar 400 gram jeruk kimkit yang segar dan bersih.

Sementara untuk penjualan di supermarket biasanya jeruk ini dibanderol Rp 20.000 - Rp 40.000 per kotak. Tak beda jauh kuantitasnya dengan toko online, per kotak jeruk kimkit juga berisi sekitar 400 gram.

5. Khasiat jeruk kimkit

Tak hanya sekadar menyegarkan, jeruk kimkit ini juga berkhasiat untuk tubuh. Banyak kandungan vitamin dan nutrisi alami dari jeruk kimkit yang dikonsumsi segar maupun dijadikan selai dan acar di beberapa negara.

Menurut penelitian ahli bagian daunnya dapat mengatasi diare hingga gangguan kesehatan kulit. Sementara buahnya dapat menyembuhkan batuk hingga sakit tenggorokan.

Banyak ahli gizi yang juga menyarankan konsumsi jeruk kimkit sebagai camilan sehat pengganti untuk program penurunan berat badan. Selain itu nutrisi yang ada di dalam jeruk kimkit juga dapat menyehatkan pencernaan, menjaga ketajaman penglihatan mata, hingga melindungi fungsi dna kesehatan pernapasan. (*)
Posting Komentar