Ratusan Pekerja Migran Indonesia Diberangkatkan ke Korsel

 Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) kembali melepas ratusan Pekerja Migran Indonesia di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sebanyak 690 PMI akan diberangkatkan ke Korea Selatan (Korsel) melalui program G to G.

Ratusan Pekerja Migran Indonesia Diberangkatkan ke Korsel

Sebanyak 613 PMI hadir di Kelapa Gading, Jakarta Utara tersenyum diberangkatkan malam ini. Adapula 77 calon PMI yang menjalani orientasi prapemberangkatan.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengatakan, per hari ini, BP2MI telah mengirimkan sebanyak 10 ribu PMI ke Korsel. Sementara target BP2MI sendiri pada tahun 2023 yakni 12 ribu PMI.

"Masih ada sampai 31 Desember, kita yakini angka 12 ribu itu bisa terlewat. Karena kita masih ada sekitar 2.100 lagi di bulan Desember yang akan diberangkatkan," kata Benny, Selasa (12/12/2023).

Pemberangkatan 12 ribu orang PMI ini dikatakannya akan mengulang keberhasilan BP2MI pada 2022. Meski demikian, Benny berharap, kemampuan berbahasa para calon PMI diperkuat. 

Khusus untuk para PMI yang masih mengikuti masa orientasi adalah mereka yang bekerja di sektor perikanan. Benny berharap mereka dapat menjalani diklat sebelum keberangkatan dengan baik.

"Saya ingin mereka satu bulan harus diklat untuk sektor perikanan, dan itu konsekuensinya biaya. Tapi negara jika ingin menempatkan PMI yang kompeten, maka harus siap konsekuensi anggaran," ujar Benny. (*)

Posting Komentar