Jelang Musim Hujan, DPRD Karawang Ingatkan DLHK Antisipasi Pohon Tumbang

 Komisi III DPRD Kabupaten Karawang ingatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat agar mengantisipasi terjadinya pohon tumbang. Mengingat dalam beberapa hari terakhir kerap terjadi hujan yang disertai angin kencang.

Endang Sodikin

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Karawang, H. Endang Sodikin meminta DLH setempat untuk melakukan cek and recek kondisi pohon-pohon besar di tepi jalan yang ada di Kota Pangkal Perjuangan.

Seperti diketahui terdapat beberapa titik pohon yang kemungkinan rawan tumbang jika tertiup angin kencang, seperti di Jalan Tuvarev tepatnya Johar dan sekitarnya, lalu Jalan Tanjungpura-Rengasdengklok, Jalan Ir. H. Juanda Cikampek dan Jalan Cikalong-Cilamaya.

“DLH harus cek and recek kondisi pohon-pohon besar yang ada di seluruh Kabupaten Karawang. Jika ditemukan pohon atau ranting-ranting pohon yang berpotensi tumbang jika diterpa angin kecang, segera lakukan tindakan pemangkasan,” ujar Kang HES sapaan akrab H. Endang Sodikin.

Menurutnya hal tersebut perlu dilakukan sebagai langsung antisipasi terjadinya pohon tumbang. Mengingat pohon tumbang kerap membahayakan masyarakat, khususnya pengguna jalan.

“Belum lama ini sudah terjadi pohon tumbang yang menimpa pengendara di daerah lain, saya tidak mau mendengar itu terjadi di Kabupaten Karawang. Untuk itu perlu adanya langkah antisipasi yang dilakukan pemerintah daerah, dalam hal ini DLH Kabupaten Karawang,” tegasnya.

Kang HES juga mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan jika berkendara atau beraktivitas di area yang dekat dengan pohon besar saat terjadi hujan yang disertai angin kencang.

“Saya juga imbau kepada masyarakat, baik pengendara atau pun yang beraktivitas di tepi jalan, jika terjadi hujan yang disertai angin kencang dan petir, lalu di dekatnya ada pohon besar agar lebih waspada. Khawatir sewaktu-waktu tumbang dan membahayakan masyarakat,” tandasnya.(*)

Posting Komentar