Produksi Garam Asal Kabupaten Cirebon Ditarget 2 Juta Ton

Pasca dilakukan Sosialisasi Daerah tentang Kegiatan Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) pada tanggal 27 September 2023, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Cirebon melaksanakan Rembuk Daerah di salah satu hotel berbintang Cirebon, Senin (30/10/2023).

Garam
Garam

Kabid Perikanan Tangkap DKPP Kabupaten Cirebon, Andri mengungkapkan Rembuk Daerah sebagai tahapan konsolidasi dan koordinasi dengan semua tim teknis yaitu penyuluh, kelompok sebagai penerima manfaat termasuk kuwu Muara sebagai titik lokasi dan kuwu Karangreja yang dilintasi kegiatan PUGAR dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Hasil kajian dari tim bahwa kita direncanakan untuk produksi nasional itu sekitar 2 juta ton. Alhamdulillah secara manfaat kita sudah menunjuk Koperasi Tirta Mukti Abadi di Desa Muara untuk produksi garam sudah bagus atau premium," kata Andri.

Ditambahkan Andri, sebagai salah satu syarat penerima bantuan dari KKP harus  berbadan koperasi & baru di Desa Muara yang sudah memiliki kelembagaan badan koperasi.

Mengingat di wilayah lain di Kabupaten Cirebon masih terkendala kaitan kelembangaan yang mana secara status lahan masih milik perorangan dan bukan milik pribadi atau masih sewa sehingga pihaknya kesulitan menentukan penerima manfaat.

"Sementara di Desa Muara berdasarkan daftar ceklist dari KKP telah masuk dan didukung administrasi persyaratan yang memenuhi maka ditunjuklah Koperasi Tirta Mukti Abadi sebagai penerima manfaat program PUGAR 2023," katanya.(*)

Posting Komentar