5 Manfaat dan Doa Sedekah yang Diamalkan Nabi Ibrahim, Amalkan Selama Ramadhan!

Bersedekah merupakan amalan yang dianjurkan bagi setiap muslim, baik dalam bentuk uang, ilmu, maupun tenaga. Doa sedekah juga dapat diamalkan agar sedekah terasa lebih afdal. Doa ini tertulis dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 127.

Dilansir dari NU Online berikut bunyi surat tersebut.

Rabbana taqabbal minna innaka antas sami‘ul ‘alimu (Surat Al-Baqarah ayat 127). Artinya: “Tuhan kami, terimalah persembahan dari kami. Sungguh Engkau maha mendengar lagi maha mengetahui.”

Doa ini dibaca oleh Nabi Ibrahim As bersama putranya Nabi Ismail As saat keduanya meninggikan fondasi Kabah. Mereka berharap amal saleh mereka diterima oleh Allah Swt. Tidak sekadar menjadi ladang amal, sedekah juga memiliki manfaat untuk memuliakan hidup. Berikut manfaat dari sedekah.

1. Sedekah menjadi pembuka pintu rezeki

Bagi seorang muslim yang rajin untuk bersedekah kepada sesama akan dibukakan pintu rezekinya. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist yang berbunyi: “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi)

2. Menyembuhkan penyakit yang ada pada diri

Manfaat sedekah selanjutnya adalah dapat menyembuhkan penyakit dalam diri. Bersedekah merupakan tindakan positif yang dapat mendatangkan hikmah dan meningkatkan imun sehingga tubuh lebih kuat sehingga terhindar dari penyakit.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR. Ath-Thabrani).

3. Terhindar dari penyakit hati

Penyakit hati yang dimaksud adalah perasaan iri dan dengki terhadap orang lain. Dengan bersedekah, umat muslim akan dijauhkan dari perasaan tersebut dan membuat diri akan selalu positif.

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, bahwa "sedekah dari seorang Muslim meningkatkan (hartanya) di masa kehidupannya meringankan kepedihan saat mautnya, dan Allah hilangkan perasaan sombong dan egois dari dirinya". (Fiqhus- Sunnah vol. 3, hal 97).

4. Terhindar dari marabahaya

Allah SWT akan selalu melindungi hamba-Nya dari segala musibah yang dapat menimpa kapan dan dimana saja.

“Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah”. (HR. Baihaqi)
5 Manfaat dan Doa Sedekah yang Diamalkan Nabi Ibrahim, Amalkan Selama Ramadhan!
Foto: orang sedang bersedekah kepada pengemis

5. Amalan yang tidak terputus meski telah meninggal dunia

Dengan bersedekah, umat muslim akan mendapatkan amalan yang tidak terputus meski dirinya telah meninggal dunia. Artinya seseorang akan terus mendapatkan pahala yang dapat menolongnya dari api neraka.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Posting Komentar