Berikut 5 Bansos yang Siap Cair September 2021, Jangan Sampai Ketinggalan!

Pada Rabu, 1 September 2021 diketahui terdapat beberapa bantuan sosial (bansos) yang akan kembali cair dari pemerintah.


Kabar cairnya bansos ini jelas menjadi kabar baik bagi masyarakat calon penerima bantuan sosial di tengah perpanjangan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Bantuan sosial yang diberikan pemerintah itu bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat di masa pemberlakuan PPKM. Diketahui terdapat beberapa bansos yang dianggarkan melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Penasaran bansos apa saja yang siap diberikan oleh pemerintah? Dirangkum Galamedia, berikut adalah 5 jenis bansos yang diberikan pemerintah dan siap cair September ini:

1. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

BSU akan diberikan kepada 1 juta masyarakat dengan gaji maksimum Rp3,5 juta. Jika pekerja di wilayah PPKM yang UMK-nya di atas Rp 3,5 juta, maka menggunakan UMK sebagai batas kriteria upah.

Beberapa kriteria agar BSU ini cair dari pemerintah ada beberapa syarat. Salah satu ketentuannya adalah memiliki nomor rekening aktif dan sudah tercantum dalam data BPJS Ketenagakerjaan.

2. Diskon Listrik

Diskon listrik kembali diberikan oleh pemerintah dan akan berlaku mulai dari September hingga Desember 2021 mendatang. Kebijakan diskon listrik ini seharusnya berakhir pada September, namun kembali diperpanjang oleh pemerintah.

Sementara diketahui bahwa bantuan ini meliputi diskon tarif listrik dan pelaksanaan pembebasan biaya beban atau abonemen. Kebijakan akan berlaku bagi masyarakat yang menggunakan listrik sebanyak 450 VA dan 900 VA.

Mereka akan mendapatkan diskon 50 persen untuk yang 450 VA dan 25 persen untuk yang 900 VA.

3. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH) juga akan cair pada September ini dan akan dibagikan pada ibu hamil hingga anak sekolah. Bantuan PKH sendiri biasanya berupa uang tunai dan sembako. Demi melancarkan PKH, pemerintah sudah memberikan anggaran dana hingga Rp 28,31 triliun.

4. Bantuan Kuota Internet

Bantuan ini akan didapatkan oleh murid, mahasiswa, guru, dan dosen yang harus tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran di masa PPKM. Bantuan ini akan cair selama 3 bulan, terhitung Agustus 2021, dan cair setiap tanggal 11-15.

Jatah kuota gratis bagi pelajar peserta didik PAUD akan mendapatkan gratis 7 GB, peserta didik SD-SMA 10 GB, PAUD-SMA 12 GB, dan mahasiswa beserta dosen 15 GB tiap bulan.

5. Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Bansos yang akan cair JUGA pada September 2021 adalah bantuan uang kuliah tunggal (UKT) sebesar Rp2,4 juta. Bantuan UKT akan diberikan pada mahasiswa aktif semester III, semester V, dan semester VII yang membutuhkan.

Bantuan juga akan diberikan pada mahasiswa pemegang KIP kuliah ataupun program bidikmisi.***

Posting Komentar