Waspada ! Polres Karawang Ingatkan Warga Jangan Gampang Percaya Isu Pesan Berantai

Polres Karawang mengimbau masyarakat untuk jangan mudah percaya informasi pesan berantai yang beredar dan belum tentu kebenarannya.

"Kami minta masyarakat untuk tidak mudah percaya informasi yang beredar di masyarakat. Serta jangan turut menyebarkan isu berantai karena bisa kena UU ITE," kata Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra melalui Kasat Reskrim, AKP Oliestha Ageng Wicaksana, Senin (5/7/21).

Oliestha mengatakan, kalau ada permasalahan atau tindakan kriminal segera lapor petugas atau kepolisian terdekat. Seperti salah satu informasi pesan berantai yang mengatakan ada tindakan perampokan yang dilakukan tiga orang memakai APD. Dan mengaku dari pihak rumah sakit yang akan melakukan penyemprotan disinfektan.

"Kita lakukan di kroscek nihil kejadian tersebut, nomor telepon dihubungi tidak ada respon. Kalau ada permasalahan atau tindakan kriminal segera lapor petugas atau kepolisian terdekat," jelas Oliestha.

Berdasarkan informasi pesan berantai yang beredar diduga hoax, telah terjadi perampokan dengan modus baru. Ada seseorang meninggal dunia karena Covid 19 di rumah sakit, dan dilakukan pemakaman secara protokol kesehatan. Namun setelah 2 hari, ada 3 orang datang ke rumah duka dengan mengaku tim dari rumah sakit hendak melakukan sterilisasi dengan melakukan penyemprotan desinfektan.

Ke 3 orang tersebut, 2 diantaranya menggunakan baju APD dan yang satunya baju bebas. Dengan pemilik rumah mempersilakan masuk, dengan mereka leluasa ke 2 orang tersebut menguras perhiasan, jam tangan, ponsel, laptop dan barang-barang berharga lainnya. (rd)
Posting Komentar