Setelah Jebol Penyekatan Tanjungpura, Kali Ini Pemudik Milih Lewat Jalan Tikus di Karawang

Ratusan pemudik kedapatan melintasi salah satu jalan tikus jalur mudik di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Namun dikarenakan ada pos penyekatan, maka pemudik dipaksa putar balik.

Sepanjang Jumat malam ( 7/4) hingga Sabtu, di jembatan Sipon Cibeet yang merupakan titik perbatasan Karawang-Bekasi itu dipadati pemudik.

Pemudik di Karawang

Perwira Pengendali Posko Pengamanan Cek Poin Kobak Biru IPDA Andi Sabri mengatakan untuk total keseluruhan pemudik yang diputar balik di Pospam Cek Poin Kobak Biru Jembatan Sipon Cibeet mencapai 350 orang.

"Selama Jumat (7/4) malam hingga Sabtu pagi ada sekitar 350 pemudik yang diputarbalik," kata dia, Sabtu (8/5/2021).

Ia mengatakan sebanyak 350 pemudik yang diputarbalik didominasi kendaraan roda dua.

Jalan tikus di jembatan Sipon Cibeet banyak dilintasi pemudik yang menggunakan sepeda motor, karena merupakan salah satu jalur mudik jalan tikus.

"Kalau di sini jalurnya dari Jakarta-Bekasi, semua bisa masuk lewat sini. Karena kan alternatifnya Cikarang. Untuk tujuan sejumlah wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, semuanya bisa," kata Andi.

Sebumnya telah beredar sebuah video yang menunjukkan para pemudik berkendaraan roda dua lolos dari pantauan petugas kepolisian. Kejadian tersebut terjadi di Pos Sekat Bundaran Kepuh, Kabupaten Karawang, Sabtu (8/5).

Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra, mengatakan, kejadian tersebut terjadi tepat pada pukul 00.05 WIB. Lolosnya ratusan motor yang menerobos itu terjadi lantaran jumlah personel tak sebanding jumlah pemudik.

“Pada saat pemudik memaksa melintas, dikarenakan jumlah personel yang tidak sebanding dengan jumlah pemudik (diperkirakan terdapat 500 pemudik) sehingga pemudik secara paksa melintas melingkar dengan cara melawan arus saat diperintahkan oleh petugas untuk putar balik,” kata dia, dalam keterangan resmi.

Kemudian, polisi melakukan penebalan personel BKO dari Sat Brimob dan Dalmas Dit Sabhara sehingga pada jam 00.15 wib situasi sudah terkendali dan pemudik seluruhnya berputar kembali ke arah Jakarta.

Adapun, AKBP Rama mengatakan, pemudik yang menerobos di Pos Sekat Kepuh itu sudah diantisipasi oleh Polres Karawang dengan menempatkan 3 Pos Sekat pada titik-titik berikutnya seperti Pos Sekat Bundaran Masari Klari, Pos Sekat Dawuan Cikampek dan Pos Sekat Jembatan Gamon Jatisari. “Sehingga pemudik tetap akan diberlakukan screening dan dapat diputarbalikkan oleh petugas,” ujar dia.***gs

Posting Komentar