Kabar Bahagia Bagi Anda, Pasar Tanah Abang Jakarta Ramai Padat Didalamnya

Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk mengurangi jumlah pintu akses Pasar Tanah Abang dari yang semula berjumlah 20 pintu untuk mencegah kerumunan pengunjung yang berbelanja di Pasar Tanah Abang.

pasar Tanah Abang Jakarta

"Hari ini ada beberapa titik di Pasar Tanah Abang, tadi sudah kita sepakati, di Pasar Tanah Abang yang kira-kira lebih dari 20 pintu nanti akan kita ringkas jadi beberapa pintu strategis yang nanti akan ditugaskan beberapa pasukan kita untuk menjaga sirkulasi," kata Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali di Jakarta, Minggu (2/5)

Pengurangan jumlah akses pintu masuk itu diharapkan dapat membantu memantau jumlah pengujung. Dengan demikian, kerumunan pengujung bisa diatasi dan dicegah.

"Manakala nanti di pasar sudah penuh atau kapasitasnya 50 persen dari yang biasa, maka nanti akan ada isyarat untuk melakukan pengendalian-pengendalian," ucap Marullah.

pasar Tanah Abang Jakarta

Di sisi lain, Marullah menyampaikan para petugas di lapangan juga akan memantau ketat penerapan protokol kesehatan di Pasar Tanah Abang, baik dari pengunjung ataupun pedagang.

Marullah juga meminta kepada petugas untuk memberikan sanksi tegas kepada para pelanggar protokol kesehatan.

Kendati demikian, penerapannya diharapkan tetap secara humanis. Artinya, diberikan teguran lebih dahulu baru kemudian penerapan sanksi.

pasar Tanah Abang Jakarta

"Saya minta harus tegas dan tanpa ragu meskipun harus didahulukan humanis. Untuk itu bila ada pelanggaran harus ada peneguran sampai pemberian sanksi yang tegas sesuai dengan instruksi Mendagri Nomor 09 Tahun 2021 dan Perda Nomor 2 Tahun 2020 serta Pergub Nomor 03 Tahun 2021," tutur Marullah.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Pasar Tanah Abang sudah dipadati pengunjung sejak pukul 07.30 WIB.

Salah satunya di blok B, tampak pengunjung sudah memenuhi lorong-lorong meski banyak toko yang baru dibuka. Meski demikian, pengawasan protokol kesehatan terlihat lengang.

Di tiga pintu masuk pasar, tak ada penjaga yang bertugas mengingatkan pengunjung untuk memakai masker. Pengecekan suhu juga dilakukan secara mandiri oleh pengunjung tanpa ada penjaga yang mengawasi.***an

Posting Komentar