Nelayan Karawang : Limbah Minyak Pertamina Berceceran Berdampak Buruk Biota Laut

Nelayan pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, kembali mengeluh gegara limbah minyak yang diduga akibat ceceran semburan Pertamina Hulu Energi ONWJ. Mereka kembali cemas, ceceran yang mudah di temui di laut itu, mempengaruhi pada kualitas tangkapan ikan dan rajungan, termasuk harga.

"Pada hari ini Rabu 20 april 2021 pukul 11:30 Wib saya Sodikin, melaut sekitar 6 mil dari bibir pantai pasirputih untuk menabur jaring rajungan di titik kordinat S6.06.608 E107.33.847, tiba tiba di kagetkan dengan apungan cecearan minyak mentah pertamina. Kami nelayan sangat hawatir dulu waktu bocoran pertama saja dampak pendapatan tangkapan rajungan masih belum pulih sampai sekarang. Apalagi sekarang semburan kembali muncul, " Katanya.
Limbah Minyak Pertamina

Ditambahkan nelayan pasirputih lainnya, Masrukhin, nelayan terbesar pencari rajungan adalah komoditas di desa ini dan rajungan adalah hewan dasaran yang terpengaruh kena dampak. Belum surut, para nelayan sepertinya di pasirputih kecewa terhadap kompensasi yang lamban, sekarang limbah minyak itu bisa pengaruhi juga pada pendapatan jika tidak diantisipasi secara cepat dan masif. Masa iya, kurang lebih setahun setengan masih banyak yang belum kelar urusan kompensasi, apalagi sebut Masrukhin, nelayan pasirputih banyak yang tercoret karna verivikasi, padahal tahap awal sudah terdaftar punya atm dan tabungan. "Kami mewakili nelayan kecewa dengan tim verfikasi, terus bagai mana nasib kami para nelayan khususnya nelayan pasirputih pencari rajungan kedepnya jika rajungan kebali habitatnyab kembali kena limbah, " Ungkapnya bingung.***dd
Posting Komentar