Puskesmas Di Karawang Serentak Laksanakan Pelayanan Tes Ibu Hamil pada Peringatan HAS 2020

Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang menggelar Pelayanan tes ibu hamil serentak di 48 Puskesmas pada Peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) tahun 2020 yang mengangkat tema" Perkuat Kolaborasi, Tingkatkan solidaritas : 10 tahun menuju Akhir AIDS 2030".


Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, dr. Nanik Jodjana menyebutkan bahwa peringatan HAS tahun 2020 ini sebagai momentum untuk lebih memperkuat kolaborasi dan solidaritas atas pemangku kepentingan dalam melakukan pencegahan serta pengendalian HIV/AIDS.

Bagian penting adalah mendorong setiap orang mengetahui status HIV pada dirinya dengan melakukan tes HIV serta segera melakukan pengobatan ARV bagi ODHA.

“Dengan pemahaman tersebut diharapkan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA akan menurun bahkan hilang,” ujar dr. Nanik pada portaljabar.net, disela kegiatan HAS di Puskesmas Ciampel.

Selain itu, Nanik juga menekankan bahwa kendati saat ini pihaknya fokus untuk pencegahan dan penanganan COVID-19.

Namun pada saat yang sama, semua juga harus terus melakukan upaya penanganan untuk masalah kesehatan lainnya seperti HIV/AIDS.

“Untuk mengakhiri epidemi dan ending HIV/AIDS pada 2030, kita mewujudkan Three Zero yaitu tidak ada kasus baru HIV/AIDS, tidak ada kematian akibat HIV/AIDS, tidak ada stigma dan diskriminasi pada ODHA,” terangnya.

Untuk mencapai target tersebut, Dinkes Karawang dengan berbagai upaya yang telah dirancang untuk pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS di Indonesia dapat berjalan dengan baik***
Posting Komentar