Kemensos Hapus 118 Ribu Orang Miskin DTKS , Ini Mereka yang Terdelet

Kementerian Sosial (Kemensos) mengatakan telah menghapus 118 ribu data orang miskin di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Ratusan data yang dihapus itu merupakan identitas dari pegawai negeri sipil (PNS), TNI, Polri, hingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).
“Kami hapus ada 118 ribu sekian rumah tangga anggota PNS, TNI, Polri, dan DPRD ini otomatis dihapus,” ungkap Menteri Sosial Juliari Batubara.
Juliari bilang pihaknya terus melakukan verifikasi dari data-data yang masuk dalam DTKS. Hal ini perlu dilakukan agar penyaluran bantuan sosial (bansos) tepat sasaran.
Ia menyatakan perbaikan data ini juga melibatkan pemerintah daerah, khususnya kepala desa. Sebab, pemerintah pusat membutuhkan data valid dari masing-masing kabupaten/kota terkait tingkat kemiskinan di wilayah tersebut.
Hanya saja, Juliari menyebut masih ada 92 kabupaten/kota yang tak memperbarui data tingkat kemiskinan di wilayahnya. Dengan demikian, tingkat kemiskinan di 92 kabupaten/kota itu dianggap paling parah. (*)