Kembali Terjadi Kecelakaan, 14 Orang Terluka Akibat Bus Terguling di Tol Cipali

Kabar Karawang -Sebanyak 14 orang mengalami luka ringan dalam kecelakaan bus yang terjadi di Tol Cipali KM 98+400 ke arah Jawa Tengah. Tepatnya, di subang, Jawa Barat, Rabu (10/4/2024) sore.

Foto : Laka Lantas di Cipali

"Ada beberapa penumpang dari bus tersebut mengalami luka ringan seperti lecet-lecet. Hal itu disebabkan terkena serpihan kaca, kurang lebih ada 14 penumpang," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules Abraham Abast, Rabu (10/4/2024).

Menurut Jules, penumpang yang mengalami luka ringan itu dirawat di Rumah Sakit Radjak Purwakarta. Dari 14 korban luka ringan itu, baru tiga orang yang dipulangkan. "Yang lainnya masih beristirahat di rumah sakit sambil menunggu pihak keluarga," ujarnya.

Dalam peristiwa itu, tidak ada penumpang yang mengalami luka berat ataupun meninggal dunia. Jules menuturkan, dalam kecelakaan tersebut bus sempat terguling.

Namun, berkat penanganan yang cepat dari petugas kepolisian dan petugas pengelola jalan tol, evakuasi dapat cepat dilakukan. "Evakuasi dilakukan terhadap bus maupun penumpang yang menjadi korban kecelakaan," ucapnya.

Menurut Jules, kecelakaan tersebut sempat menyebabkan kemacetan. Guna menanggulangi kemacetan itu, pihaknya telah melakukan rekayasa lalu lintas dengan melakukan contraflow.

"Contraflow yang kita buka ke arah Cirebon dengan penambahan satu lajur mengarah ke Timur. Jadi, dari arah Jakarta kita tambah satu jalur yakni dengan mulai dari KM 87+400 sampai dengan KM 100+200," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Kabud Humas Polda Jabar mengimbau kepada para pengemudi agar memanfaatkan rest area untuk beristirahat. Para pengemudi juga diminta untuk tidak beristirahat di bahu jalan.

"Sebaiknya memanfaatkan rest area yang ada untuk beristirahat. Terutama, bila mengalami kelelahan dan ngantuk," ujarnya.

Selain itu, Kombes Pol Jules Abraham berpesan dalam berkendara, pengemudi tidak melebihi batas kecepatan, kendati arus lalu lintas sedang lengang dan lancar. "Tetap waspada dan berhati-hati, serta patuhi rambu-rambu di jalan raya," ucapnya.(*)

Posting Komentar