Ini Penting Diketahui! BNPB Luncurkan Peta Mudik Siaga Bencana

Kabar Karawang -Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan Peta Mudik Siaga Bencana. Peta Mudik Siaga Bencana yang dapat diakses publik saat mudik Lebaran ini memuat informasi tingkat bahaya banjir, cuaca ekstrem dan tanah longsor pada jalur perjalanan darat. (7/4/24).

Foto : Peta Mudik Bencana

"Pemudik juga dapat mengetahui informasi mengenai frekuensi kejadian bencana yang pernah terjadi di suatu wilayah pada lokasi yang diakses," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam siaran persnya, Sabtu (6/4/2024).

Terkait potensi bahaya tersebut, pemudik dapat mengakses dasbor sistem informasi ‘Peta Mudik Siaga Bencana’ pada tautan berikut ini https://bit.ly/PetaMudikAman2024. Peta bahaya yang dirilis oleh Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan ini menggunakan data inaRISK, dengan skala 1 : 250.000.

"Informasi kejadian bencana yang ditampilkan merupakan agregat pada tiap kabupaten/kota. Sehingga diperlukan kebijaksanaan dalam membaca informasi tersebut," ujarnya.

Menyikapi mudik siaga bencana, BNPB mengimbau para pemudik untuk melakukan rencana perjalanan. Beberapa langkah penting yang dapat dijadikan parameter langkah kesiapsiagaan. Seperti, kesiapan stamina fisik kepada mereka yang akan berkendara, pengecekan kondisi kendaraan dan prakiraan cuaca harian serta potensi bahaya pada jalur rute mudik.

Selain peta digital, BNPB juga menyiapkan posko - posko pemantauan potensi bencana dan kedaruratan di jalur-jalur mudik utama. Seperti di Daerah Khusus Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Banten, dan Lampung. Posko ini menyiagakan personel yang tersebar di beberapa wilayah kab/kota di provinsi tersebut.

"Pengerahan personel ini di antaranya bertugas untuk memonitor situasi mudik. Khususnya yang berkaitan dengan potensi bencana alam sesuai peta mudik siaga bencana BNPB, dan prakiraan cuaca dasarian 1 bulan April dari BMKG," ucapnya. (*)

Posting Komentar