BMKG Prakirakan Hujan Petir Terjadi Sekitar Tiga Kita di Pulau Jawa

Kabar Karawang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia, berlaku untuk Jumat (19/1/2024). Prakirawan BMKG Dendi Rona Purnama mengatakan, di pulau Sumatra hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Banda Aceh, Medan, Bengkulu, Palembang, dan Pekanbaru.

BMKG Prakirakan Hujan Petir Terjadi Sekitar Tiga Kita di Pulau Jawa

Kemudian, diprakirakan hujan dengan sedang terjadi di kota Tanjung Pinang. Selanjutnya, hujan dengan intensitas lebat diprakirakan terjadi di kota Bandar Lampung.

"Perlu diwaspadai hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Padang, Jambi dan Pangkal Pinang," kata Dendi.

Di pulau Jawa, hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.(Pulau Jawa,red)

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Serang. Kemudian, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Semarang.

"Cuaca di kota Jakarta diprakirakan berawan pada Jumat ini," ujarnya.

Sedangkan di pulau Bali dan Nusa Tenggara, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Mataram. Selain itu, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Denpasar.

"Perlu diwaspadai hujan disertai petir yang diprakirakan terjadi di kota Kupang," ucapnya.

Di pulau Kalimantan, hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Banjarmasin dan Samarinda. Kemudian, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Pontianak.

"Potensi hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Palangkaraya dan Tanjung Selor," katanya.

Beralih ke pulau Sulawesi, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan berpeluang terjadi di kota Gorontalo. Kemudian, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Makassar dan Kendari. Selain itu, hujan dengan intensitas lebat diprakirakan terjadi di kota Manado dan Mamuju.

"Perlu diwaspadai hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Palu," ucapnya. Sementara itu, di Indonesia timur, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Sejumlah kota. Seperti, Ternate, Manokwari, dan Jayapura. "Potensi hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Ambon," ujarnya. (PK)

Posting Komentar