KAI Mulai Pelaksanaan Posko Nataru dengan Gelar Pasukan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, Kamis (21/12/2023). Apel ini menandai hari pertama pelaksanaan posko Angkutan Nataru KAI dalam rangka melayani masyarakat pengguna kereta api. 

Foto ilustrasi

KAI menetapkan periode Angkutan Nataru selama 18 hari dari 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. Apel dipimpin Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan berlangsung di Stasiun Gambir, Jakarta. 

Budi memuji kolaborasi KAI, TNI, Polri, dan pihak terkait dalam menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat selama libur Nataru. Menurutnya, pada Nataru kali ini terdapat 177 juta pemudik yang memanfaatkan masa liburan panjang untuk pergi.

dalam persiapan Natal kali ini kita secara sistematis memetakan jumlah-jumlah yang akan mudik melalui badan kebijakan transportasi dan dinyatakan bahwa yang akan mudik 177 juta 

"Dari catatan yang ada, 45 persen itu wisata. Dan kalau di Pulau Jawa ini paling banyak ke Yogya dan Solo," Budi dalam pidatonya saat Apel Gelar Pasukan Angkutan Nataru, Kamis.

"Untuk sektor kereta api tercatat ada 14 juta atau 13 persen dari jumlah (total-red). (Ini-red) satu jumlah yang besar, satu jumlah yang memang kita harus layani dengan baik."

Jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh ditambah menjadi hingga 48 perjalanan, dari sebelumnya 40 perjalanan per hari. Penambahan jadwal perjalanan ini membuat kapasitas kursi yang disediakan mencapai hingga 28 ribu kursi per hari.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan perjalanan Whoosh tambahan tersedia untuk keberangkatan tanggal 22-26 Desember 2023. Masyarakat dapat melihat jadwal terbaru Whoosh di aplikasi Whoosh, web kcic.co.id, dan seluruh kanal penjualan resmi Whoosh.

"Penambahan ini dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan penumpang yang diperkirakan akan melonjak di masa Nataru. KCIC mengantisipasi terus meningkatnya jumlah penumpang yang ingin berlibur," ujar Eva dalam keterangannya, Rabu (21/12/2023).

Sejak dioperasikan secara komersial hingga 19 Desember 2023, Whoosh telah menjual 913 ribu tiket. Berdasarkan survei, 55 persen di antaranya merupakan penumpang dengan tujuan untuk berlibur.

Terdapat delapan jadwal perjalanan yang ditambahkan pada jam-jam favorit penumpang. Perjalanan tambahan Whoosh tersedia di jam-jam berikut:

- Keberangkatan Halim di jam 09:10; 11:30; 14:30; dan 19:15

- Keberangkatan Tegalluar di jam 07:55; 09:10; 14:30; dan 18:00

Penambahan jadwal ini diikuti penambahan jumlah operasional perjalanan KA Feeder untuk menuju Stasiun Bandung dan Cimahi. Jadwal KA Feeder tersebut telah disesuaikan dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan Whoosh di Stasiun Padalarang.(*)

Posting Komentar