Asmawa Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati Bogor dan Berkantor di Parung Panjang

Asmawa Tosepu resmi dilantik menjadi Pejabat Bupati Bogor periode 2023-2024 di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung Jawa Barat, pada Sabtu (30/12/2023).

Foto : Asmawa Tosepu

Asmawa Tosepu sendiri menggantikan Bupati sebelumnya Iwan Setiawan yang habis masa jabatannya pada akhir tahun 2023 ini.

Usai pelantikan, Pejabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin berpesan untuk segera melakukan pekerjaannya di hari pertama di wilayah puncak Bogor.

"Ya Asmawa Tosepu sebagai pj bupati Bogor tadi saya pesankan ke Beliau segera langsung bekerja karena pertama, besok adalah hari terakhir di tahun 2023. Jadi pak asmawa harus segera bekerja terutama di kawasan puncak di mana masyarakat banyak merayakan di kawasan puncak untuk tahun baru,"kata Bey kepada wartawan.

Selain puncak, Asmawa juga diperintahkan untuk bersedia berkantor di Kecamatan Parungpanjang, mengingat permasalahan truk tambang di wilayah tersebut hingga kini belum terselesaikan.

"Kedua parung panjang. Tadi saya juga berharap pak asmawa bersedia seminggu pertama ini berkantor di kantor kecamatan parung panjang. Agar supaya mengetahui detail persoalannya karena itu. Intinya adalah penegakan hukum dan penegakan aturan, tapi detailnya nanti beliau akan tahu seperti apa,"ungkapnya.

Bey mengungkapkan, pihaknya juga tidak melepaskan begitu persoalan parungpanjang, mengingat saat ini Pemprov Jabar dan banten sedang mencari solusi permasalahan tersebut.

"kami dari provinsi siap mendukung baik dari Kapolda Pangdam 3 Siliwangi maupun juga kadis kadis yang terkait akan mendukung dan akan segera berkoordinasi dengan Provinsi Banten. Tapi setelah urusan di Padang panjang diselesaikan terlebih dahulu dan yang lainnya adalah, Kordinasi dengan walikota bogor terkait dengan transportasi di kawasan bogor,"katanya

Nantinya, Bey dan Pj Bupati Bogor hingga Kapolda Jabar akan ikut mengawasi persoalan parungpanjang mengingat informasi pungutan liar (pungli) diduga masih bertebaran di wilayah tersebut.

"Parung Panjang itu sebetulnya penegakan aturan tapi harus diawasi betul dan pak Kapolda menyampaikan sudah menyiapkan tim saber pungli juga. Gitu masih ada yang ngeyel ya di luar jam operasionalnya nanti sepakat apa bupati karena lebih baik. Beliau menyampaikan kondisi di lapangan seperti apa,"pungkasnya.


Asmawa Tosepu ditunjuk Kemendagri untuk mengisi jabatan atau Pj. Bupati Bogor tersebut menggantikan Bupati Bogor Iwan Setiawan yang habis masa jabatannya per 30 Desember 2023.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menerangkan pasca dilantik sebagai Pj. Bupati Bogor, pihaknya akan segera melaksanakan tugas memimpin penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bogor. Antara lain, penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 jadi prioritas yang harus ditindaklanjuti karena menyangkut hajat hidup masyarakat Kabupaten Bogor.

Kedua melakukan penanganan kemacetan, keamanan, ketertiban dan kebersihan pada kegiatan pergantian malam tahun baru 2023-2024 di wilayah Kabupaten Bogor terutama kawasan Puncak karena menjadi pusat kegiatan pergantian malam tahun baru.

Lanjut Pj. Bupati Bogor, ia juga akan segera menindaklanjuti dan mengatasi persoalan Parung Panjang terkait jalan juga pengangkutan material galian C. Pihaknya akan segera koordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini KemenPUPR, Pemprov Jabar melalui Pj. Gubernur, serta sejumlah PD terkait untuk bersama mengkoordinasikan dengan pemerintah Provinsi Banten karena berkaitan dengan jalur tambang Ini sifatnya lintas Provinsi.

"Kita ingin melibatkan stakeholder terkait, juga melibatkan para pengusaha untuk duduk bersama mencari solusi atas permasalahan yang ada," terangnya.

Di tempat yang sama, Pj. Gubernur Jabar, Bey Triadi Machmudin meminta kepada Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu untuk langsung bekerja dan menuntaskan PR besar yang menanti di Kabupaten Bogor. Terutama pengamanan kegiatan pergantian malam tahun baru, antisipasi kemacetan dan yang tidak kalah penting atasi penumpukan sampah pasca kegiatan tersebut.

"Pj. Bupati Bogor harus langsung bekerja PR besar menanti, terlebih Kabupaten Bogor selalu ramai setiap akhir tahun tentunya saudara harus bekerja di kawasan Puncak. Antisipasi kemacetan. Selamat bekerja, kita jaga persatuan dan kesatuan serta ke depankan prinsip penyelenggaraan pemerintah dengan integritas dan profesionalisme," pinta Bey.

Dalam kesempatan ini, Pj. Gubernur Jabar juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Bogor periode sisa masa jabatan 2018-2023, Iwan Setiawan yang telah memimpin dengan penuh integritas dan dedikasi dalam memimpin Kabupaten Bogor. (*)

Posting Komentar