Harapan Pembina Saka Bhayangkara Karawang Dalam Hari Bhakti Pramuka 2023

Dalam perhelatan puncak hari Pramuka ke-62 di Kabupaten Karawang tak luput dari kehadiran dari pembina Saka dari Polres Karawang.
Foto : Ipda Arif saat berbincang dengan Saka Bhayangkara di Plaza Pemkab Karawang


Dan kali pembina Saka Bhayangkara yang tampak hadir adalah Ipda Arif. Ia dalam kesehariannya adalah seorang KBO Satbinmas Polres Karawang.(14/10/23).

Saat diajak diwawancarai usai Apel besar di Plaza Pemda Karawang, dia katakan, Saka Bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional. Satuan Karya ini membidangi bidang kebhayangkaraan,katanya.

Dan diketahui secara umum, Saka Bhayangkara adalah Satuan Karya yang berada di bawah pembinaan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Disamping itu Saka Bhayangkara merupakan Saka terbesar dan paling berkembang di Indonesia.


Foto : Arif Saat hadiri Apel Besar di Plaza Pemda Karawang

Saka Bahyangkara, lanjut Arif, merupakan wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan menambah pengalaman para Pramuka Penegak dan Pandega dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan.

Sedangkan tujuan pembentukan Saka adalah memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

Untuk Saka di Kabupaten Karawang, terangnya pula, telah berperan aktif dam masif dalam diberbagai kegiatan selama ini.
Diharapkan Arif, kegiatan yang dilakukan selama ini bisa menyiapkan generasi muda yang memiliki rasa kemandirian, disiplin, tanggung jawab serta berwawasan yang luas termasuk tentang kebhayangkaraan.

Ditandaskan Arif, karena Kebhayangkaraan menjadi dasar utama bagi anggota Saka Bhayangkara untuk memahami dan memantapkan diri sebagai patriot pembangunan, sebab masih banyak tantangan yang harus dihadapi, utamanya didalam upaya perubahan tatanan kehidupan masyarakat,” imbuhnya.

Harapan pimpinan (Kapolres dan Kasat Binmas,red), tegas Arif, untuk pembinaan serupa terus dilakukan oleh para Bhabinkamtibmas masing-masing desa di Karawang dengan terus ditingkatkan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat hingga ke kecamatan, ujarnya.

Para Bhayangkara saat menerima arahan dari Pembina Arif


“Ini sangat penting untuk merangkul kaum muda didalam memberikan pengetahuan dan wawasan kebhayangkaraan ini, sehingga kita harapkan mampu teruskan dikembangkan dan dibina hingga ke satuan terkecil,” tegasnya.(*)
Posting Komentar