Sudah Cair, Jangan Endapkan Dana Desa Paska Lebaran

Dana Desa tahap 1 sudah cair nyaris 100 persen dari KPPN di Karawang sejak Maret bulan kemarin. Tenaga Ahli Kabupaten Karawang memperingatkan para kades untuk tidak menunda-nunda realisasi Dana Desa baik untuk alokasi Protokol Kesehatan, Fisik maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT) setelah lebaran. 

"Ingat, DD tahap 1 sudah cair, jangan endapkan dana desa realisasinya setelah lebaran, tapi distribusikan saat ini juga sesuai alokasi peruntukannya, " Kata Deni ST saat Monev di Kecamatan Lemahabang, Rabu (20/4/2022)
Sudah Cair, Jangan Endapkan Dana Desa Paska Lebaran

Deni menambahkan, pencairan tahap 1 setelah tanggal 1 Juni akan di anggap hangus, artinya realisasi yang sudah cair saat ini, diharapkan segera aplikasinya sesuai alokasinya untuk kemudian mempersiapkan pencairan tahap ke 2. Sebab, jika ada yang di endapkan kemudian dalam sisi pelaporan jadi lambat, maka bisa mempengaruhi desa lainnya, sementara setiap progres realisasi dana desa hingga jumlah KPM penerima BLT DD terus up date laporannya ke DMPD Kabupaten, Provinsi, Kementerian Desa hingga presiden. Sehingga keterlambatan itu, akan menjadi catatan pemerintah pusat yang bisa berpotensi mempengaruhi dana desa ke desa-desa tersebut 

"Jangan ada realisasi setelah lebaran ketika uang sudah ada saat ini, saya ajak semuanya ayo segera distribusikan sesuai alokasi, " Ujarnya. (rd)
Posting Komentar