Santai Tapi Jangan Melanggar Fatal, Kendaraan yang Terjaring Ganjil Genap Selama Arus Mudik Lebaran Tak Akan Ditilang

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan rekayasa lalu lintas yang diberlakukan pada arus mudik Lebaran 2022, mulai dari one way hingga ganjil genap. Hal tersebut rencananya akan diterapkan mulai dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Tol Kalikangkung.

Santai Tapi  Jangan Melanggar Fatal, Kendaraan yang Terjaring Ganjil Genap Selama Arus Mudik Lebaran Tak Akan Ditilang
Foto ilustrasi

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan, bagi kendaraan pemudik yang terjaring sistem ganjil genap di ruas tol tersebut tidak akan ditilang selama arus mudik Lebaran 2022.

"Tidak ada (tilang). Jadi ya bagi yang nanti di tolnya akan diberlakukan ganjil genap nanti tak akan kami tilang, dan bisa keluar kembali ke jalan nasional," ujar Budi, Jumat (15/4/2022).

Budi menambahkan, pihaknya dan Kepolisian akan menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk mencegah kemacetan saat mudik Lebaran 2022.

“Termasuk akan memberlakukan sistem ganjil genap dan one way atau satu arah di sepanjang tol Jakarta-Cikampek,” kata dia.

Sampai saat ini, Kemenhub bersama jajaran Kepolisian tengah melakukan rapat koordinasi untuk membahas dan mendiskusikan di mana saja rekayasa lalu lintas dari sistem satu arah, contraflow maupun ganjil genap kapan akan diberlakukan.

"Untuk waktunya nanti kami tentukan, baik tanggalnya, jamnya, namun kemudian karena untuk clearing itu butuh waktu. Dan nanti sangat bergantung kondisi di lapangan yang akan diputuskan kepolisian dalam hal ini Korlantas Polri," ucapnya.(*)

Posting Komentar