Imbas One Way di Tol Japek, Lalu Lintas Dalam Kota Karawang Macet Parah

Pemberlakuan one way di jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), kondisi lalu lintas di dalam kota Karawang macet parah. Penyebabnya, mobil pribadi, truk, dan bus memenuhi jalan-jalan protokol.

Imbas One Way di Tol Japek, Lalu Lintas Dalam Kota Karawang Macet Parah

Kendaraan yang sebagian besar ditumpangi pemudik itu tidak bisa masuk menuju Jakarta. Mereka terpaksa melalui jalur arteri Karawang dari Cikampek menuju Bekasi. Kendaraan merayap, berjalan perlahan, dan sesekali berhenti untuk waktu beberapa menit.

Berdasarkan pemantauan MNC Portal Indonesia (MPI), kemacetan jalan arteri Karawang terpantau mulai dari Cikampek, Klari, hingga jalan baru Tanjungpura menuju Bekasi. Kepadatan terjadi mulai pukul 17.45 WIB, setelah diberlakukannya sistem one way di Jalan Tol Japek.

Terlihat sejumlah kendaraan roda empat baik mobil pribadi, bus, maupun truk yang biasanya menggunakan jalan tol memadati jalan tersebut menuju arah Bekasi. Kendaraan pribadi didominasi dari pelat D atau Bandung dan B Jakarta.

Sedangkan bus jurusan Tasikmalaya-Bekasi dan Bandung ke Kampung Rambutan, Jakarta Timur, yang biasanya lewat tol juga masuk ke jalur arteri Karawang. Warga Karawang akan menyambut lebaran dengan berbelanja ke pusat perbelanjaan ikut bermacet-macetan.

Mereka heran karena jalan arteri Karawang arah Bekasi tiba-tiba menjadi macet, dilintasi truk dan bus. "Biasanya mereka tidak lewat jalan.ini (arteri) kok sekarang.pada masuk".kata Deden (45) sopir angkot Cikampek-Karawang.

Diketahui, sistem one way atau jalan satu arah di sepanjang Tol Cikampek berlaku mulai hari ini, Kamis (28/4/22). Polisi menutup akses masuk semua gerbang tol menuju arah Jakarta.

Sejumlah akses masuk tol arah Jakarta di wilayah Karawang mulai Karawang Timur dan Dawuan ditutup dan berlaku mulai pukul 14.00 WIB.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, penutupan akses masuk mulai dilakukan pukul 14.00 WIB. Pemberlakuan one way dipastikan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan yaitu Kamis pukul 17.00 WIB.

"Persiapan one way, yang akan mulai berlaku pukul 17.00 WIB, sesuai jadwal," kata Kabid Humas.

Pantauan lain, jalur arteri Karawang mulai Tanjungpura hingga Cikampek terpantau mulai dipadati kendaraan roda dua, roda empat, bus, dan truk besar.

"Ya , pemberlakuan one way sejalan dengan pemberlakuan ganjil genap. Arteri pasti jadi jalur alternatif pemudik," ujar Kombes Pol Ibrahim TOmpo.(*)

Posting Komentar