Kabar Karawang - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi semua umat Muslim, banyak acara yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan, mulai dari baz


Kabar Karawang - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi semua umat Muslim, banyak acara yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan, mulai dari bazar Ramadhan hingga kegiatan pesantren yang dilakukan khusus di bulan Ramadhan. Pada Jum’at, 22 April 2022, mahasiswa/i Universitas Singaperbangsa Karawang ikut serta meramaikan bulan suci ini dengan mengisi acara dalam kegiatan Pesantren Ramadhan. 

Mahasiswa Unsika Isi Acara di Pesantren Ramadhan

Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan di daerah Perum Lambangsari, Tambun Selatan, Bekasi tepatnya di Masjid Al-Hidayah. Mahasiwa/i Unsika mengunjungi Pesantren Ramadhan ini dengan tujuan untuk membangun hubungan yang baik antara Unsika dengan semua pihak di Masjid Al-Hidayah, baik pengurus maupun para santri serta ikut memeriahkan kegiatan yang sering disebut acara tahunan ini.

Pesantren Ramadhan yang dilakukan di Masjid Al-Hidayah ini dapat dikatakan berbeda dengan pesantren kilat yang sering kita temukan di sekolah atau lingkungan sekitar kita saat bulan Ramadhan, pasalnya acara Pesantren Ramadhan ini dilakukan selama 25 hari sedangkan Pesantren Kilat biasanya hanya berlangsung selama 3 hingga 7 hari saja. 

Dalam waktu yang cukup lama tersebut, diharapkan para santri lebih sering mengisi waktunya di bulan Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat seperti mengaji serta dapat mengahafal lebih banyak ayat-ayat suci Al-Quran setelah kegiatan pesantren ini.

Para mahasiswa/i Universitas Singaperbangsa Karawang yang terdiri dari Bagas Wahyu Pratama, Farah Nur Azizah, Naftalena Dewi, Ririn Rahmadani serta Ramin Ramdani mengisi acara Pesantren Ramadhan dengan memberikan beberapa materi mengenai “Adab dan Akhlak Berbicara” kepada para santri yang memiliki latar usia berkisar 7-14 tahun. Setelah memberikan materi, acara dilanjutkan dengan sesi pertanyaan kepada para santri dan memberikan hadiah bagi yang dapat menjawabnya, tentunya hal ini disambut dengan antusias oleh para santri di sana.

Hadirnya Mahasiswa/i Unsika di Pesantren Ramadhan ini diharapkan dapat membawa suasana yang baru


Hadirnya Mahasiswa/i Unsika di Pesantren Ramadhan ini diharapkan dapat membawa suasana yang baru bagi para santri, sehingga para santri terhibur dalam menjalani kegiatan Pesantren Ramadhan ini dengan rasa senang dan semangat.

Raka Khani selaku Ketua Pelaksana kegiatan Pesantren Ramadhan ini mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran para mahasiswa/i Univerisitas Singaperbangsa Karawang.

Saya merasa kalian semua sopan-sopan, kalian juga mau ikut terlibat dalam artian selalu bersedia untuk membantu di kegiatan Pesantren Ramadhan ini. Lalu materi yang disampaikan ke anak-anak santri juga ngga kaku atau monoton, cara penyampaiannya enak jadi bisa diterima dengan mudah sama anak-anak.