Di Karawang, Kapolri Minta Pemudik Hindari Puncak Arus Mudik

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat untuk menghindari puncak arus mudik pada saat H-4 Lebaran. Sebagaimana imbauan presiden, pelaksanaan mudik dilakukan lebih cepat lebih baik.

Di Karawang, Kapolri Minta Pemudik Hindari Puncak Arus Mudik

Dia berharap dengan imbauan itu potensi kemacetan di jalur-jalur mudik bisa dihindari.

"Sebagaimana arahan bapak presiden bahwa beliau selalu mengimbau agar pelaksanaan mudik dilakukan lebih cepat lebih baik. Kalau dapat masyarakat yang akan mudik dilakukan lebih cepat sebelum H-4 Lebaran. Tapi kalau memang tidak bisa kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya agar pemudik tetap nyaman," kata Kapolri, saat berkunjung ke Rest Area Km 57 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/4/2022).

Kapolri juga menjelaskan kedatangannya ke Rest Area KM 57 tol Jakarta Cikampek untuk memastikan kesiapan puncak arus mudik pada H-4 Lebaran nanti. Kapolri mengecek secara langsung langkah-langkah yang akan dilaksanakam seluruh anggotanya dan stakeholder terkait dengan pelaksanaan dalam menghadapi potensi kemacetan di arus mudik Lebaran.

Selain itu, Kapolri juga memanggil empat Kapolda, yaitu Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar di Rest Area Km 57. Sedang dua Kapolda lain yaitu Kapolda Banten dan Kapolda Lampung bertemu di Pelabuhan Merak. Keempat Kapolda itu memaparkan skema pengaturan lalu lintas selama arus mudik di wilayahnya masing-masing.

"Jika melihat dari hasil survei bahwa yang akan pulang ini memang angkanya cukup besar. Perlu ada langkah-langkah setelah mendengar secara langsung bagaimana proses rekayasa yang akan dilaksanakan dari proses ganjil-genap. Kemudian proses untuk pengaturan contra flow sampai dengan proses oneway atau satu arah di H-4 yang akan dilaksanakan," ucapnya.(*)

Posting Komentar