Antisipasi Macet Mudik, Menhub Cek Rekayasa Lalin di Tol Cikampek

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek kegiatan simulasi penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) di jalan tol arah Cikampek pada Jumat (15/4).

Jalur tol dari Bekasi, Jakarta ke arah Cikampek hingga Semarang menjadi titik utama yang diprediksi akan menjadi titik kepadatan pada masa mudik Lebaran nanti.

Simulasi rekayasa lalu intas ini dilakukan sebagai uji coba untuk mengetahui mana yang paling efektif menekan kemacetan dengan rasio perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan (VC Ratio) yang terkecil.

“Beberapa hari ini akan dilakukan simulasi penerapan rekayasa lalu lintas bisa menjadi rekomendasi yang terukur dalam pengambilan keputusan,” kata Menhub dalam siaran pers hari ini.

Menhub menuturkan, diskresi rekayasa lalu lintas di lapangan akan ditetapkan oleh Korlantas Polri. Adapun sejumlah rekayasa lalu lintas yang akan disiapkan adalah contra flow, one way dan ganjil genap.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, rekayasa lalin diperkirakan mulai 28 April atau bisa lebih awal dari 25 April.

'Hasil dari simulasi ini akan segera dilaporkan dan direkomendasikan kepada Presiden Joko Widodo,” ucapnya.

Sektor darat dianggap Kemenhub menjadi titik krusial untuk diawasi saat mudik Lebaran 2022. Sekitar 47% dari 85,5 juta pemudik yang diprediksi akan melakukan mudik via jalur darat, baik kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, maupun angkutan darat seperti bus, angkutan penyebrangan, dan lain-lain.

Sejumlah area yang diprediksi akan terjadi perlambatan atau kemacetan saat mudik Lebaran ialah di pintu masuk tol, rest area, pom bensin, dan tempat-tempat lainnya. Sedangkan, sejumlah titik yang diprediksi terjadi kepadatan, yaitu di Jalur tol Tangerang-Merak Km 26, Jalur Tol arah Cikampek Km 48-60, KM 31-37, Km 70-72, dan untuk arus balik di Km 54.

Kemenhub menerangkan, jumlah pemudik pada tahun ini akan meningkat 45% dibanding mudik pada 2019 sebelum pandemi. Sedangkan, dua titik yang perlu dilakukan antisipasi khusus adalah jalur Bekasi-Semarang dan penyeberangan Merak Bakauheni.

Selain itu, pada mudik tahun ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan tidak akan dilakukan penyekatan dan putar balik dan pengendalian di lapangan dilakukan persuasif(MI)

Posting Komentar