Pangulah Utara Gelar Bimtek Peningkatan KUB Dalam Rangka Ketahanan Pangan dan Ternak

Desa Pangulah Utara menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Kelompok Usaha Bersama (KUB) dalam rangka ketahanan pangan dan ternak yang dilaksanakan di Aula GOR Desa Pangulah Utara pada Rabu (30/3/2022).


"Alhamdulillah di Desa Pangulah Utara, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Karawang saat ini sedang diadakan kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Kelompok Usaha Bersama dalam rangka ketahanan pangan dan ternak dari sumber Anggaran Desa Tahun 2022 yang 20 persen ketahanan pangan," tutur Kepala Desa Pangulah Utara, Ade Tisna Sutrisna.

Dia menambahkan, dari kegiatan ini antusias warga merespon baik dan dengan terselanggaranya Bimtek bisa menjadi awal bagi masyarakat dalam memulai usaha.

"Kebijakan ini kami sarankan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat berbentuk kelompok usaha ternak dan tani. Antusias warga Alhamdulillah merespon dengan baik dan mudah-mudahan dengan kesempatan ini bagi masyarakat Pangulah Utara diawali dengan 20 persen ketahanan pangan ini menjadikan satu penunjang perekonomian bagi mereka kedepan," ungkapnya.

"Saya berharap ada berkelanjutan juga dari kelompok usaha ternak ini agar perekonomian mereka bisa ditunjang dengan awal modal ini," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang, Ir. Handoko, M.P., mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat khususnya dalam peternakan.

"Jadi kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam rangka pemberdayaan ekonomi di zaman pandemi dan juga tujuannya adalah mencari jalan potensi yang ada karena di sini banyak potensi budidaya domba maka diadakan pelatihan ini. Tentu saja untuk mempersiapkan pelatihan ini harus dilakukan pembekalan untuk pembinaan kelompok ternak itu sendiri khususnya manajemennya," paparnya.

"Alhamdulillah acara ini yang diprakarsai oleh dana desa ini baru awal ini se-Kabupaten Karawang baru satu-satunya yang melaksanakan Bimtek peternakan menghadapi pandemi di pemulihan ekonomi ini baru Desa Pangulah Utara. Jadi antusias sekali karena ini ada 24 kelompok Usaha Bersama (KUB) dari 4 dusun yang ada di desa, dan saya senangnya banyak usia produktif anak-anak milenial pada ikut dan saya bangga mereka tertarik dengan peternakan," imbuhnya.

Dia berharap, dari kegiatan Bimtek ini bisa terus berkelanjutan dan bisa menarik minat masyarakat sehingga dari yang awal 24 KUB bisa terus bertambah.

"Harapannya KUB yang akan dianggarkan budidaya domba oleh Kepala Desa Pangulah Utara ini dapat adanya berkelanjutan, tidak hanya satu tahun dua tahun tapi bertambah sustainable ya, berkembang kedepannya dan yang tadinya KUB-nya ada 24 kelompok bisa lebih kedepannya," ungkap dia. (diks)
Posting Komentar