Tanggul SS Kalong Ambrol di Tenggulun Cilamaya Wetan di Garap Pekan Ini

Pengairan di hampir 5 Desa di Kecamatan Cilamaya Wetan untuk areal sawah 1,6 ribu hektar terancam terganggu program percepatan tanam awal tahun 2022. Pasalnya, SS Kalong 1 di Tenggulun Desa Mekarmaya terdampak longsoran hingga memutus akses jalan di sekitarnya. Akibatnya, air yang seharusnya mengalir cukup ke hilir, harus berbelok ke Kali Bawah dan mengancam pertanaman di sekitaran Warungbacin, Alang Lanang, Rawagempol Wetan, Cilamaya hingga Sukatani. 


Namun, sejumlah kelompok tani dan kepala desa setempat, sudah bisa bernafas lega, pasalnya Selasa (21/12), Dinas PUPR Karawang dikabarkan sudah siap menggarap perbaikan SS Kalong yang ambrol pekan ini dengan mendatangkan sejumlah material penopang rehabilitasi saluran air yang rusak beberapa bulan terakhir. 

"Alhamdulillah Dinas PUPR respek cepat dan ada yang meninjau ke lokasi sampai kami di kabari, material perbaikannya akan di turunkan pekan ini dan siap digarap segera. Kita berharap bisa tuntas segera, tidak setengah-setengah, mengingat ancaman pertanaman padi dibeberapa desa sudah di depan mata, " Kata Kades Rawagempol Wetan, H Udin Abdul Gani. 

Udin menambahkan, beberapa pejabat dan staff Dinas PUPR sudah cek lokasi, sebab selain ambrol dan membuat pengairan tak menentu lantaran mengalir ke Kali Bawah dan tidak terdorong ke hilir, akses jalanan juga tergerek arus hingga nyaris putus. Sehingga, sebut Udin, di butuhkan perbaikan yang memang tidak murah, selain pengaturan dan pengerasan yang harus permanen, penurapan dan bebatuan plester untuk menormalkan kembali aliran air, juga harus dilakukan. 

"Ini rencananya memang akan di tuntaskan untuk menormalkan kembali, sebab yang terancam itu ribuan hektar sawah soalnya, " Tandas Udin. 


Dirinya bersama para kelompok tani apresiasi Dinas PUPR yang sudah turun ke lapangan untuk check lokasi dan memastikan progres garapan pada pekan ini. Untuk itu, para petani siap mendorong suksesi proyek yang akan di garap Dinas PUPR agar tuntas dengan optimal nantinya. 

"Atas kesiapan penggarapan pekan ini, tentu kami bersama Kelompok tani menghaturkan terimakasih kepada PUPR. Kita mendorong penuntasannya dengan optimal demi pengairan yang kembali normal di jalur SS Kalong Tenggulun ini, " Pungkasnya. (Rd)
Posting Komentar