Jadwal Seleksi PPPK Guru Tahap II Kembali Molor dan Belum Jelas Kapan Dilaksanakan

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebelumnya telah mengumumkan jadwal terbaru seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahap I. Selain itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga telah menegaskan bahwa hasil sanggah seleksi PPPK Guru Tahap I telah final.

Selain itu, Kemendikbudristek pada saat mengumumkan jadwal terbaru tahap seleksi PPPK Guru Tahap I, juga mengharapkan dan mengupayakan agar pelaksanaan seleksi PPPK Guru Tahap II tidak molor. Akan tetapi, pada faktanya, seleksi PPPK Guru Tahap II 2021, kembali ditunda. Adapun alasan dibalik penundaan tersebut diketahui lantaran adanya evaluasi menyeluruh atas pelaksanaan seleksi PPPK Guru Tahap I.

Mengenai penundaan jadwal seleksi PPPK Guru Tahap II 2021 itu, Ketua Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri (FGHBSN) Nasional Rizki Safari Rakhmat menyesalkan keputusan dari pemerintah. Hal ini lantas memicu kecurigaan dari Rizki bahwa pemerintah memang belum siap melakukan rekrutmen PPPK Guru dalam skala besar.

Rizki lantas mengatakan bahwa 1 November 2021 seharusnya menjadi hari yang menggembirakan bagi guru honorer yang tidak lulus PPPK Guru tahap I maupun yang belum ikut. Menurutnya, para guru honorer telah gembira dan bersemangat untuk memilih formasi yang sedianya dijadwalkan pada 1-4 November 2021. Akan tetapi, justru diundur, sehingga membuat mereka lemas.

Lebih lanjut, Rizki mempertanyakan jika alasan penundaan seleksi PPPK Guru Tahap II itu karena harus melakukan evaluasi secara menyeluruh, atas pelaksanaan seleksi PPPK Guru Tahap I, lantas mengapa harus menundanya seleksi tahap II. Ia lantas menuturkan bahwa setiap kali menanti pengumuman, akan selalu ada dua hal yakni penundaan selalu terjadi dan pengumuman digantungkan.

"Ini ditunda melulu, sepertinya pemerintah menjadi terbiasa menunda jadwal ya," ungkap Rizki kepada JPNN.com, Senin (1/11). "Ini ada yang aneh dengan tahapan seleksi PPPK Guru 2021."

Atas penundaan jadwal yang kerap kali terjadi, Rizki lantas mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam menepati janjinya akan menyelesaikan isu guru honorer melalui jalur seleksi menjadi PPPK guru dengan memberikan 3 kali kesempatan. "Tahap pertama saja berjalan begitu lamanya, apalagi nanti pada tahap berikutnya, bisa-bisa melewati tahun 2021," tandas Rizki.(***)

Posting Komentar