Masyarakat Harus Manfaatkan Internet untuk Edukatif dan Produktif

Jumlah masyarakat pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan secara signifikan. Peluang tersebut, harus dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat untuk kegiatan produktif di massa pandemi COVID-19.

Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Ismail Cawidu menyayangkan jika fasilitas internet yang disediakan oleh Pemerintah tidak dimaanfatkan oleh masyarakat dengan baik.

Menurut Ismail, banyak hal positif yang bisa mengembangkan diri dalam bidang pendidikan maupun ekonomi melalui internet. Untuk itu, kata dia, masyarakat jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

"Alangkah borosnya kalau kita setiap bulan sudah membayar wifi di rumah dan membeli kuota, tetapi itu habisnya hanya untuk chating- chatingan, update status dan sebagainya. Tidak produktif," kata Ismail Cawidu dalam acara Forum Diskusi Publik yang bertajuk "Pemanfaatan Internet sebagai Media Bisnis dan Edukasi Selama Pandemi" pada Selasa (13/7/2021).

Menurut dia, masyarakat yang melaksanakan bisnis dan belajar hanya tinggal memanfaatkan handphone, paltform dan data internet. Internet pun dijadikan sarana edukasi untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran.

Ia menyebut telah banyak testimoni orang- orang sukses yang memanfaatkan internet untuk kegiatan produktif. Misalnya, mereka para youtuber dan konten- konten kreator yang menyajikan edukasi kepada masyarakat.

Mereka membuat konten positif dan edukatif yang kemudian menyebarkannya ke berbagai platform. Umumnya, konten tersebut disebarkan di platform media sosial, seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Selain itu, internet juga dapat dimanfaatkan banyak orang untuk mendapatkan keahlian, seperti belajar bahasa asing secara mandiri.

Ismail mengakui bahwa teknologi informasi untuk berbagai keperluan tidak bisa dilakukan tanpa adanya infrastruktur.

Oleh karena itu, kata Ismail, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyiapkan hal tersebut dengan banyak membangun infrastruktur teknologi di berbagai wilayah.

Selain itu, terang Ismail, di massa pandemi, Kominfo pun memonitoring jaringan internet dari hulu hingga hilir.

Menurut Ismail, hal ini dilakukan guna memastikan kualitas jaringan internet di seluruh wilayah Tanah Air. Terlebih di massa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro dan darurat.(ts)

Posting Komentar