Cegah Anak-anak Terpapar COVID-19, Kemen PPPA Salurkan Bantuan di Bantar Gebang

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) pada Sabtu (3/7/2021) menyerahkan bantuan pemenuhan kebutuhan spesifik kepada seribu anak, yang berlokasi di Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi. Penyerahan bantuan ini dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2021, dan dilakukan sebagai upaya mencegah dan melindungi anak-anak terpapar COVID-19.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga yang mengikuti kegiatan ini secara daring pada Sabtu (3/7/2021) mengingatkan pentingnya pemenuhan kebutuhan spesifik dan hak-hak dasar anak selama masa pandemi. Hal itu dikarenakan belakangan ini sektor paparan virus COVID-19 banyak berdampak kepada anak-anak.

"Anak merupakan bagian penting dalam menentukan kemajuan bangsa. Oleh karenanya kita perlu bergandengan tangan dan mengambil peran guna memastikan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, meski di tengah situasi pandemi yang tidak mudah dilewati," tutur Menteri PPPA.

Menteri Bintang menambahkan, penyerahan bantuan kebutuhan spesifik anak diharapkan membawa manfaat sebaik-baiknya bagi anak-anak dalam memenuhi kebutuhan gizi tambahannya, serta mendukung aktivitas belajar mereka. Selain itu juga diharapkan mampu menjadi layanan darurat penanganan bencana non alam.

Sementara itu, Ketua Yayasan Dinamika Indonesia, Nasrudin mengapresiasi bantuan spesifik anak yang disalurkan oleh Kemen PPPA sebagai upaya penguatan imun anak-anak.

"Meskipun ada keterbatasan dalam melakukan kegiatan, tetapi kami berupaya melindungi anak-anak Bantar Gebang agar dapat melaksanakan proses pembelajaran sesuai petunjuk Dinas Pendidikan setempat. Kami menjalankan protokol kesehatan dengan cara memastikan anak-anak tetap menjaga jarak, mencuci tangan, tidak berkerumun, dan melakukan pembatasan yang diperlukan," ungkap Nasrudin.

Adapun bantuan kebutuhan spesifik anak yang diberikan berupa sabun antiseptik, makanan tambahan bergizi, susu, vitamin, dan perlengkapan khusus anak. Bantuan tersebut diserahkan kepada tujuh anak berusia 0-4 tahun dan 973 anak berusia 5-17 tahun untuk dapat menaikkan imun anak sehingga daya tahan tubuhnya semakin kuat dan terhindar dari COVID-19.(hy)

Posting Komentar