Bansos di Segerakan, Sertifikasi Guru TW2 Karawang Malah Macet Cair

Disaat sejumlah bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak covid_19 dan penanggulangannya di percepat pencairannya, sertifikasi guru di Karawang justru mampet hingga pertengahan Juli 2021. Sempat di kabari cair pekan pertama bulan Juli, sertifikasi triwulan 2 untuk bulan April - Juni masih belum juga parkir di rekening para guru.

"Iya, seharusnya di PPKM darurat ini sertifikasi bisa segera pencairannya, karena banyak guru yang ikut terpapar covid_19 dan perlu stabil keuangannya di masa Pandemi. Bukan apa-apa, sebab, Kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat justru sudah turun, kenapa Karawang lambat, " Kata salah seorang guru PNS di Kecamatan Lemahabang yang meminta dirahasiakan namanya, Senin (12/7).

Senada dikatakan Kepala SDN Ciparagejaya 1, Dasir S.pd, dirinya tidak tahu menahu alasan mengapa sergur di Karawang belum juga cair, apakah di pemberkasan ada yang kurang atau kendala teknis lain di Dinas dan atau DPKAD. "Padahal kabupaten/kota lainnya sudah turun, " Katanya. 

Abdul Qodir, Kepala SDN Pulojaya 3 mengaku, sergur lambat cair apakah duitnya tidak ada? Atau bagaimana? Karena, sampai saat ini, diakuinya masih belum turun untuk TW2. Lebih dari itu, ia menduga-duga, sertifikasi bisa cair Agustus. "Agustus mungkin, atau karena memang duitnya gak ada, " Selorohnya. 

Kepala SDN Karawang Wetan 1, Yeni Mulyani mengatakan, sergur sejauh ini belum juga turun untuk TW2, namun baginya itu biasa, karena memang selalu telat. "Iya selalu telat memang, " Ungkapnya.

Ketua PGRI Cabang Cilamaya Wetan, Ade Fatimah S.pd mengatakan, ia tidak tahu apa kendalanya sampai sergur terlambat sampai saat ini. "Iya belum juga turun, gak tahu kendalanya apa, " Ungkapnya. 

Ketua Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) Yusuf Ismail berharap, sertifikasi guru diharapkannya bisa turun sebelum idul adha. "Semoga saja turun sebelum idul adha, setidaknya bisa membangkitkan jiwa sosial para pemangku pendidikan untuk berkurban di hari raya, " Pungkasnya. (Rd)
Posting Komentar