Perhatian ! Saat Ini Lockdown Sementara di Desa Cariumulya, Telagasari Karawang

Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana menyebut, saat ini tim gugus tugas terus mendeteksi dua klaster besar Covid-19 di Karawang, yakni klaster industri dan keluarga pascamudik lebaran. Klaster pascamudik diketahui menyumbang 57 angka positif dengan enam meninggal dunia.

Klaster pascamudik sebut Cellica, muncul di tiga kecamatan di Karawang, yakni di Kecamatan Kutawaluya dengan total 30 orang positif, tiga orang meninggal dunia.

Kemudian Kecamatan Telagasari dengan 20 orang positif, dan sepasang suami istri meninggal. Berikutnya Kecamatan Cilamaya dengan tujuh positif, satu orang meninggal dunia. Dirinya juga mewaspadai adanya varian baru Covid-19 menjangkit masyarakat daerah lumbung padi. Hal itu mengacu pada meningkatnya jumlah pengidap yang disertai kematian sangat cepat.

Atas dasar itu Cellica memerintahkan Satuan Tugas Gugus Penanganan Covid-19 Karawang untuk mengirim hasil swab tes terkonfirmasi positif kali ini ke Balitbang Kementerian Kesehatan.

"Kami berjaga-jaga seandainya terjadi penularan mutasi baru Covid-19. Kami wajib mendeteksi dan mengantisipasi secara dini hal-hal seperti ini," katanya.

Dari ketiga cluster tersebut, Satgas Kecamatan langsung menindaklanjuti pengetatan zona persebaran covid-19, salah satu diantaranya memasang spanduk dan portal lock down sementara di akses gang dan komplek lingkungan yang rumahnya terkonfirmasi Covid-19, seperti di Desa Cariumulya Kecamatan Telagasari, Selasa malam (1/6) dan Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan.

Camat Cilamaya Wetan Basuki Rachmat mengatakan, pihaknya bersama Polsek, Puskemsas, KUA dan Koramil langsung melockdown lingkungan rumah yang jadi Cluster Covid-19 di Tegalwaru sambil mendiskusikan antisipasi lanjutannya. Hal itu, dilakukan agar warga positif yang di karantina tidak sembarangan keluar masuk lingkungan rumahnya, termasuk juga menjaga orang luar masuk. Nanti, aparat Kecamatan yang antisipatif lewat penjagaan di pos cluster tersebut, dan mengupayakan jaminan konsumsi dan keperluannya selama karantina. "Jika bergejala, segera melapor dan akan di siapkan rujukan ke Rumah Sakit untuk menjalani perawatan medis secara intensif, " Ujarnya.

Lockdown Sementara di Desa Cariumulya Kecamatan Telagasari di Cluster Baru Covid-19

Sebelumnya, juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergyana menuturkan, klaster pascamudik di Kutawaluya berawal dari warga berinisial S yang terkonfirmasi positif pada 23 Mei lalu. Tak lama berselang yakni 26 Mei, satu orang meninggal dunia. Kemudian menyusul dua orang meninggal dunia sehingga total jadi tiga orang meninggal.

Muspika Kecamatan Cilamaya wetan Rapat sikapi Cluster baru dan Melicockdown lingkungan rumah warga yang terkonfirmasi Positif Covid-19

"Klaster Kutawaluya berasal dari kumpulan keluarga. Ada warga luar daerah yang mudik ke Karawang, kemudian Kecamatan Telagasari dengan 20 orang positif, dan sepasang suami istri meninggal. Berikutnya Kecamatan Cilamaya dengan tujuh positif, satu orang meninggal dunia, " Ujarnya. (Rd)
Posting Komentar