Catat! Wamendes Budi Sebut Taman Bacaan Desa Digital Bisa Ciptakan SDM Rajin dan Cerdas

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi menyatakan, taman bacaan desa digital menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang rajin membaca dan cerdas.

Untuk itu Wamendes PDTT mendorong dibangunnya banyak taman bacaan digital di perdesaan terpencil untuk menumbuhkan minat baca generasi muda, khususnya anak-anak.

“Pembangunan Indonesia yang merata, adil, dan makmur harus diawali dengan pendidikan dan kesehatan. Nah taman bacaan ini berangkat dari bagaimana menciptakan SDM yang cerdas dan unggul. Caranya adalah dengan rajin membaca," ujar Wamendes PDTT,Kamis (3/6/2021).

Menurut Wamendes PDTT, penyediaan taman bacaan desa digital penting dilakukan untuk melahirkan generasi-generasi desa yang unggul.

Dalam hal ini, kata dia, Provinsi Papua dan Papua Barat merupakan daerah yang memiliki jumlah daerah tertinggal yang cukup tinggi sehingga memerlukan upaya lebih untuk meningkatkan kemampuan SDMnya.

"Kami harapkan, kita mau pembangunan Indonesia yang sentris. Jangan sampai kemajuan di Jawa, Sumatra, tidak diimbangi dengan kemajuan di daerah lain," imbuh dia.

Dia berharap, kerjasama pembangunan Taman Bacaan Desa Digital antara Kemendes PDTT dengan Balai Pustaka juga akan dilakukan di beberapa desa-desa lainnya supaya langkah peningkatan SDM bisa dilakukan lebih cepat.

Wamendes Budi

"Kami harap pencanangan Taman Bacaan Desa Digital yang pertama di Kabupaten Sorong ini menjadikan kita semakin bersemangat. Agar masyarakat desa gemar membaca, cerdas, dan bisa membangun Indonesia," tutur dia.***rls

Posting Komentar