BPBD Karawang Semprotkan Disinfektan di Wilayah Desa Berstatus Zona Merah

Berdasarkan data per 23 Mei 2021 terjadi kenaikan kasus positif covid-19 di Kabupaten Karawang yang terjadi pasca libur lebaran. Kasus corona didapati dari dua klaster terbaru yaitu klaster industri dan keluarga.(2/6/2021).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana mengatakan adanya kenaikan kasus ini merupakan konsekuensi yang harus dihadapi oleh masyarakat. Apalagi jika larangan mudik lebaran yang telah diputuskan pemerintah jelang perayaan, ternyata banyak yang melanggar.

"Selama satu minggu ke belakang, di Karawang sudah mulai memperlihatkan tren kenaikan kasus COVID-19 yang terjadi pada klaster industri dan keluarga. Dari klaster keluarga ada sebanyak 57 orang terkonfirmasi positif covid-19 dengan korban meninggal sebanyak 6 orang," ungkap Fitra dalam konferensi persnya usai rapat evaluasi covid-19, Senin (31/5/2021) siang di Pemda Karawang.

Untuk klaster keluarga, kata dia, terjadi di tiga kecamatan antara lain Kecamatan Kutawaluya, Telagasari dan Cilamaya. Fitra pun meminta kecamatan dan desa untuk terus siaga dan meningkatkan penanganan COVID-19.

"Ini karena kesiapsiagaan adalah kunci untuk dapat berhasil menghadapi perubahan situasi yang mungkin terjadi secara cepat dan signifikan," katanya.


Dia juga meminta untuk memantau berjalannya operasionalisasi fungsi posko di tingkat desa atau kelurahan di masing-masing wilayahnya.

"Posko ini berperan penting untuk memantau karantina mandiri bagi warga yang baru pulang bepergian juga memantau kasus positif baru yang ditemukan di wilayahnya agar dapat segera ditangani sedini mungkin," katanya.

Dan di hari Senin, (31/5/2021) pihak BPBD Kabupaten Karawang melalui UPTD Damkar Kabupaten tindak lanjut atas peristiwa klaster di Kecamatan Kutawaluya berupa penyemprotan disinfektan ke dua desa yang terdampak covid-19.

Hal tersebut ditempuh guna pencegahan penyebaran pandemi Covid - 19 dengan mengambil titik lokasi penyemprotan sekitar Desa Kutajaya dan Waluya, Kecamatan Kutawaluya, Karawang.

Kabar terbaru dari pihak BPBD Kabupaten Karawang, kegiatan penyemprotan akan berlanjut ke sejumlah titik desa berstatus  zona merah di lokasi kecamatan, satu di antaranya untuk hari  Rabu pagi,(2/6/2021),di sekitar Dusun Cilogo , Desa Medangasem, Kecamatan Jayakerta.

Berikut video penyemprotan di Kutawaluya:

Perlu diketahui, di Dusun Cilogo Medangasem ada 10  warga terpapar Covid-19 dan termasuk Klaster keluarga.***cd
Posting Komentar