Pangandaran Diguncang Gempa Bumi, BMKG Sebut Dirasakan Sampai Garut

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali menyiarkan informasi soal gempa bumi yang terjadi di wilayah Indonesia.

Malam ini, gempa bumi kembali mengguncang perairan, tepatnya di selatan Pulau Jawa pada pukul 19.49 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,1 dengan kedalaman dangkal sejauh 16 km.

Pusat gempa bumi berada di koordinat 8.16 LS dan 107.89 BT, atau tepatnya berada di laut sejauh 84 km arah barat daya dari Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Gempa Bumi yang terjadi di awal bulan Februari ini menurut analisis dan keterangan BMKG tidak menimbulkan atau berpotensi tsunami.

Terdapat 6 daerah yang merasakan getaran gempa bumi yang terjadi di selatan Pulau Jawa ini. Yaitu wilayah MMI III Pangandaran, MMI III Garut Selatan, III Cisompet, III Cijulang, MMI III Cikalong, serta wilayah III MMI Pamengpeuk.

BMKG menyarankan agar informasi gempa bumi di Pangandaran tersebut diteruskan kepada masyarakat terutama daerah yang merasakan getaran gempa bumi di sekitar.

Selain itu, BMKG juga memberi saran terhadap gempa bumi susulan yang mungkin tejadi agar masyarakat berhati-hati.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan resmi mengenai penyebab dan informasi detail yang dirilis oleh BMKG. Hindari bangunan rusak apabila terkena gempa, pastikan kembali ke rumah jika kondisi sudah aman.

Foto Ilustrasi : Alam Garut

Tetap tenang dan berhtai-hati, pastikan segala informasi dan berita mengenai gempa bumi hanya bersumber dari laman BMKG serta media sosialnya yang sudah terverifikasi.***


Sumber BMKG

Posting Komentar