Sadar Wisata Jabar, Pokdarwis Pulokalapa Karawang di Bentuk Warga Lokal

Masyarakat Desa Pulokalapa Kecamatan Lemahabang, tindaklanjuti Peraturan Gubernur Nomor 90 Tahun 2020 tentang pembentukan kelompok sadar wisata dengan membentuk kelembagaan di akhir 2020 lalu. Mereka beri nama Kelompok Penggerak Pariwisata (Pokdarwis) yang merupakan metamorfosa dari sebelumnya yang di kenal Kompepar. Dengan beranggotakan 40 orang, Pokdarwis ini siap berperan menciptakan inovasi wisata yang baik dan benar di komplek panembahan Syekh Quro Pulobata.

Ketua Pokdarwis Pulokalapa, Amud mengungkapkan, kegiatan komunitasnya ini adalah sebagai Sapta Pesona, yaitu bagaimana menciptakan inovasi dan mensukseskan program pemerintah dalam program wisata, yaitu, menciptakan wisata yang baik dan benar. Pihaknya, sebut Amud, tentu fokus pada wisata religi dan sejarah di Pulobata. Dimana, komunitas ini adalah relawan yang berkaitan dengan kepariwisataan. Bagimana semua anggota komunitas salah satunya memiliki kesempatan kerja di wisata, pemberdayaan masyarakat lokal, kreatifitas dalam menciptakan marchindise hingga membudayakan kearifan lokal. "Jadi kita itu relawan penggerak, bagaimana setiap lini wisata bisa dilibatkan untuk kemajuan pariwisata, " Ujarnya.

Mesjid Komplek Makam Syekh Quro Pulobata Desa Pulokalapa Kecamatan Lemahabang

Target utama dibentuknya Pokdarwis ini, antara lain menjalin kepekaan wisata yang diperhitungkan dan terprogram dengan baik sehingga semua warga bisa mengakses pemahaman sadar wisata, "Masyarakat di daerah wisata harus punya kreatifitas, mampu menciptakan cendramata, dan jangan mengandalkan domanisai luar yang tidak sejalan dengan kearifan lokal desa wisata, " Tutupnya. ***
Posting Komentar