Penasaran, Emak Sri Puji Program Bangga Kencana DPPKB Karawang !

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Sri Rahayu Agustina kunjungi Kantor DPPKB Karawang, Kamis (21/1). Diterima langsung PltKepala Dinas Hj Sopiah bersama para Kabid, "Emak" Sri mengaku penasaran dengan kesuksesan program Bangga Kencana yang sudah konsisten dan berhasil memajukan program KB di Karawang, baik layanan, kontrasepsi, pembangunan, ketahanan keluarga, kampung KB dan pemanfaatan media sosial yang terukur dalam mengedukasi masyarakat di era 4.0 
 
"Kita dialog dan menerima paparan apa itu program bangga kencana, sebab di instagram DPPKB dan satuan sampai tingkat kecamatan sering saya baca", ujar Sri.

Mantan Wakil Ketua DPRD Karawang ini menambahkan, Dinas ini sudah berupaya bahwa, bagaimana Karawang menjadi satu-satunya yang memiliki program satu desa satu kampung KB di Provinsi Jawa Barat. Tak heran, kinerja petugas lapangan di Karawangpun dianggapnya sangat handal. Betapapun ia akui ada keterbatasan Petugas, tapi ia apresiasi masih mampu menjalankan semua program dengan baik, entah itu dari BKKBN pusat maupun Pemerintah Daerah dengan capaian melampaui target yang ditetapkan, meskipun dalam situasi Pandemi Covid19. "Saya menarik menyimak program Kampung KB,  yang menurut saya, program BKKBN Pusat ini perlu di dukung semua pihak lintas dinas, terlebih bagi Pemerintah desa, kampung KB ini harus disuport maksimal melalui dana desa yang begitu besar, " Ujarnya.

Menurutnya, capaian 208 kampung KB dari 309 kelurahan dan Desa ini patut mendapat apresiasi. Pasalnya, di dalam Kampung KB seluruh kegiatan masyarakat bisa ditampung, tak hanya soal program KB dan kesehatan. Tapi juga meliputi aspek lain, seperti pendidikan, pertanian, lingkungan, ekonomi, dan lain sebagainya, sesuai 8 pokja yang ada di Kampung KB.

"Untuk program Kampung KB ini, DPPKB Karawang bisa menjadi percontohan di Jawa Barat," ujar Sri Rahayu,,

Sri mengakui, para anggota dewan di Parlemen Jabar sebelumnya tidak pernah membahas soal pentingnya keberadaan Kampung KB ini di tingkat desa. Namun, berkat penjelasan dan kunjungannya ke Kantor DPPKB Karawang, Sri mengaku, akan membawa hasil kunjungannya ini ke ruang rapat dewan.

"Ini akan menjadi bahan buat saya, akan saya sampaikan ke Komisi V di Provinsi Jawa Barat. Karena yang selama ini kita bahas dengan mitra kerja DP3A-KB propinsi Jabar hanya terkait soal Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anaknya saja," katanya. "Nanti kami juga coba berbicara dengan Perwakilan BKKBN Jawa Barat, sebagai kepanjangan tangan BKKBN pusat, apa yang bisa kami lakukan, baik program Kampung KB maupun perihal keterbatas petugas dan peningkatan status para pegawai Non PNS  lapangan KB" ujar Sri.

Menutup pembicaraan, Sri menambahkan, suksesnya program kampung KB di Karawang. Tidak hanya karena kinerja DPPKB Karawang saja,  Akan tetapi, dalam pelaksanaannya. Peran kepala desa sangat penting, untuk mendukung suksesnya program ini. "Kami apresiasi juga kepada para kepala desa di Karawang yang sudah membantu menyukseskan capaian ini," ujar mantan ketua Partai Golkar Karawang tersebut, " Tutupnya. (Rd)
Posting Komentar