DPPKB Karawang "Upayakan"163 Penyuluh KB di Rekrut Jadi PPPK

Sebanyak 163 penyuluh KB di lingkungan Satpel KB Kecamatan di Karawang sejauh ini terdaftar sebagai honorer. Mereka, mulai diangkat sejak 2010, 2012, 2016 hingga 2019, ada yang dari Kabupaten ada juga yang diangkat dari Provinsi Jawa Barat. Dengan mengandalkan honor berdasarkan strata pendidikan Rp1,75 - 2,25 juta, para penyuluh KB yang mayoritas non Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.Km) dan Sarjana Sosial (S.Sos) tersebut, sedikit peluang masuk formasi CPNS. 
Mengantisipasi itu, DPPKB Karawang, tengah berupaya agar rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) di tahun 2021, bisa mengakomodir para tenaga penyuluh KB, baik ditingkat Kabupaten maupun Provinsi.

"Jumlah Penyuluh KB di kita ada 163 orang, dan staff di Dinas ada 13 orang. Peluang mereka di PPPK bisa dilakukan baik jalur Pemkab maupun Provinsi. Ya kita harap semuanya bisa terakomodir, jadi kebijakan manapun yang bisa mengakomodir, kita upayakan bisa diambil," Kata Kabid Dalduk dan Advokasi DPPKB Karawang, Imam Bahanan Al Husyaeri kepada kabarkarawang.com, Selasa (19/1).

Imam Bahanan Al Husyaeri

Santer kabar, sebut Imam, untuk formasi CPNS penyuluh KB ini, hanya ada kuota 5 saja, sementara yang liner dengan strata pendidikan Skm dan S.sos hanya sekitar 26 orang penyuluh, belum lagi batasan usia dan lainnya, sehingga peluang ke CPNS ini, diakui Imam masih sedikit. Apalagi, mayoritas sarjana penyuluh ini latar belakang sarjananya beragam. Maka, paling memungkinkan adalah PPPK, hanya saja perlu koordinasi lanjutan soal ini ke BKKBN termasuk provinsi dan Pemkab. "Kita akan membahas lagi ini baik ke daerah, provinis dan pusat sebab, PNS penyuluh juga ada wewenang pusat, " Katanya. 

Lebih jauh Imam menambahkan, menjadi CPNS dan atau PPPK, sama-sama memiliki standar, seperti misalnya di pendidikan yang direkrut adalah eks Kategori 2, memiliki sertifikat PPG dan lama mengajar yang dibuktikan lewat SK. Maka penyuluh pun, mungkin akan ada standar khususnya, seperti tahun pengabdian lewat SK, pendidikan dan target indikator kinerjanya secara legal dan tertulis."Terlepas dari hal itu, kita tengah berupaya dulu agar semua bisa terakomodir, " Ungkapnya. (Rd)

# Jumlah Penyuluh KB : 163 Lapangan
#Jumlah Staff Kantor : 13 Orang

#Honorarium 
* Sumber : Jasa Pelayanan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) APBD Provinsi dan Kabupaten

* Nilai :
- Lulusan SMA : Rp1,75 Juta
- Lulusan D3  :  Rp2 Juta 
- Lulusan S1  :. Rp2,25 Juta
Posting Komentar