Dipenghujung Tahun 2023, OPD di Karawang Berlomba Serapan Anggaran, Siapa Jawaranya?

Banyak kepala dinas kalang kabut di Kabupaten pasalnya anggaran yang bersumber APBD II belum maksimal terserap, terkesan mereka berlomba -lomba untuk menghabiskan anggaranya.(28/12/23).

Beda dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang yang merasa optimis bisa menyelesaikan serapan anggaran hingga seratus persen di akhir tahun 2023 ini.

Pasalnya, hingga pekan kemarin serapan anggaran DPPKB Karawang sudah mencapai 92,57 persen dari total anggaran sebesar Rp 42 miliar. Rinciannya anggaran DAK Pusat senilai Rp 22 Miliar dan APBD Karawang sebesar Rp 20 Miliar.

Foto ilustrasi

Sekretaris DPPKB Karawang Imam Bahanan mengatakan, capaian hingga 92,57 persen tersebut menjadi bukti kerja keras DPPKB Karawang dalam upaya mensukseskan program Bangga Kencana di Kabupaten Karawang. Tak hanya itu, DPPKB Karawang yang juga bagian dari Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Karawang selalu menjadi garda terdepan dalam program penurunan stunting di Karawang.

Imam menjelaskan anggaran Rp 20 Miliar dari APBD Karawang digunakan untuk kegiatan personil Pos KB, Sub Pos KB, dan kelompok kegiatan Bina Keluarga Bina Balita, Lansia dan Pusat Konseling Remaja sepanjang tahun 2023. Sedangkan Anggaran DAK Pusat senilai Rp 22 miliar digunakan untuk operasional pos KB dan sub pos KB di 30 kecamatan yang membawahi 309 desa dan 11 kelurahan se Kabupaten Karawang. Anggaran tersebut sudah termasuk anggaran penyululuhan dan pengadaan alat kotrasepsi serta pulsa kuota bagi personil pos KB dan penyuluh di setiap desa.

“Untuk anggaran pusat seluruhnya di gawangi team dari BKKBN pusat sedangkan DPPKB hanya memantau dan menerima laporan saja,” jelas Imam.

Hingga saat ini, lanjut Imam, pihaknya masih berupaya menyelesaikan proses serapan anggaran yang tersisa 7,33 persen. Anggaran tersebut mayoritas untuk membayar membayar gaji pegawai dan keguatan kantor lainnya. Di sisa akhir tahun 2023 ini pihaknya optimis akan mencapai target serratus persen serapan anggaran.

Foto : Sekretaris DPPKB Karawang Imam Bahanan

“Seluruhnya sudah mulai terserap namun sisanya 7.33 persen sedang proses untuk pembayaran honor pegawai,” Kata Imam.

“Sedangkan 20 miliar bersumber dari APBD Karawang untuk kegiatan belanja membayar gaji pegawai dan keguatan kantor lainnya, insyallah ahir Desember 2023 serapan anggaran dapat mencapai 100 persen,” pungkasnya.(*)

Posting Komentar