Jaga Kelestarian, Perahu Jukung Meriahkan Nusa Penida Festival

Kabar Karawang - Lomba perahu layar tradisional (jukung) turut memeriahkan Nusa Penida Festival Ke-6. Sebanyak 19 jukung katagori fiber dan kayu beradu kecepatan pada lomba yang mengambil start di Pantai Bantununggul, Nusa Penida, Bali.

Pantai Bantununggul, Nusa Penida, Bal

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung Ni Made Sulistiawati mengatakan, selain memeriahkan festival, lomba ini juga untuk melestarikan jukung tradisional. Begitu juga, mendukung atraksi pariwisata yang tengah berkembang pesat di wilayajnya.

"Lomba ini tetap kita laksanakan tiap tahun dalam rangka menjaga eksistensi perahu layar itu. Kita apresiasi pada mereka yang mempertahankan perahu-perahu tradisional dan memang juga menjadi salah satu daya tarik wisata," kata Sulistiawati, Sabtu (7/10/2023).

Ia menyatakan, memberikan ruang bagi para nelayan untuk terus melestarikan perahu layar tradisional. Dan juga memberikan amenitas (fasilitas di luar akomodasi) pariwisata di nusa penida. 

Sehingga, lanjutnya, perahu layar ini menjadi daya tarik wisata, apalagi wisatawan sudah mengetahui bahwa di Nusa Penida masih dilestarikan perahu-perahu layar tradisional.

"Yang memang rutin dilaksanakan lomba-lomba. Sehingga agendanya jelas bagi wisatawan untuk melihat lomba perahu layar ini di Nusa Penida," ujarnya.

Sementara itu, masyarakat baik penonton maupun peserta sangat antusias pada lomba perahu layar tradisional ini. Para penonton memenuhi area pinggiran pantai.

"Karena kita ketahui di Nusa Penida ini kan jarang ada event-event besar. Bisa dilihat antusias penonton itu sepanjang pantai sampai ke arah Suana ramai,"' kata Camat Nusa Penida I Kadek Yoga Kusuma.

Lomba perahu tradisional serangkaian Nusa Penida Festival VI diikuti 19 peserta, terdiri  5 peserta perahu kayu dan 14 peserta perahu fiber. Perlombaan dimulai di Pantai Utara Pura Dalem Desa Adat Dalem Setra Batununggul, berlayar ke arah timur.

Perahu peserta melintasi  perairan Suana dan kembali ke tempat awal. batas waktu yakni tiga jam mengarungi lautan dengan jarak 15 mill atau 23 km pulang-pergi.


Posting Komentar