Geram dengan Antrean Panjang di Pelabuhan Merak, Pemudik Turun Tangan Urai Kemacetan

Antrean panjang yang terjadi di beberapa dermaga Pelabuhan Merak, Banten membuat pemudik geram. Mereka pun turun tangan mengatasi kemacetan yang mengular sejak Kamis (28/4/2022) petang itu.

Kemacetan panjang terjadi di beberapa dermaga Pelabuhan Merak. Sebelumnya, petugas menerapkan sistem buka tutup di jalur dermaga menuju area kapal.

Para pemudik pun sempat protes atas kebijakan tersebut. Pasalnya, sistem buka tutup yang diterapkan membuat kemacetan hingga berjam-jam.

Pemudik yang mulai geram lantas berinisiatif mengatur arus lalu lintas sendiri. Mereka juga memindahkan penutup jalan yang dipasang petugas kepolisian.

“Terus! Terus! Gantian masuk ke dermaga eksekutif,” ujar salah satu pemudik seraya mengatur laju kendaraan lain, Jumat (29/4/2022) dini hari.

“Kapan masuknya kalau dibilang enggak ada jalan terus?” sahut pemudik lain.

Pemudik asal Jakarta, Darlin (53), mengeluhkan kemacetan panjang yang terjadi di jalur dermaga eksekutif. Dia mengaku sudah menunggu sejak Kamis sore.

“Saya dari jam 18.00 WIB. Mau ke Baturaja, Sumatera Selatan. Yang penting nyeberang dulu, kalau udah nyeberang udah aman mau ke mana aja,” katanya kepada MNC Portal Indonesia.

Pemudik lain juga mengeluhkan hal serupa. Reza (30) misalnya, mengaku sudah memesan tiket kapal untuk keberangkatan pukul 21.00 WIB. Namun, akibat kemacetan parah disekitar dermaga, Reza pun mengaku belum bisa memastikan kapan rombongannya dapat menyeberang ke Sumatera untuk melanjutkan mudik ke kampung halaman.

Geram dengan Antrean Panjang di Pelabuhan Merak, Pemudik Turun Tangan Urai Kemacetan

“Saya pesan tiketnya jam 21.00 WIB, ini kan udah jam berapa sekarang. Ada juga tadi yang pesan jam 20.00 WIB, ada yang jam 18.00 juga,” katanya.

Saking lamanya, salah satu pemudik bahkan membuka kap mesin mobilnya. Hal ini dilakukan guna mendinginkan mesin yang terus menyala.(*)

Posting Komentar