Cianjur Siapkan Jalur Alternatif Arus Mudik Dan Balik Lebaran

BEBERAPA ruas jalan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dipersiapkan menjadi jalur alternatif bagi para pemudik pada Idul Fitri 1443 Hijriah. Kondisi infrastrukturnya terus ditingkatkan sehingga bisa nyaman dilalui para pemudik.

Foto milik Antara

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Aris Haryanto, menjelaskan ada beberapa titik yang akan menjadi jalur alternatif saat arus mudik Lebaran. Misalnya ruas jalan KH Saleh (Pasar Beas) hingga ke Tungturunan di Kecamatan Sukaluyu yang dipersiapkan sebagai jalur alternatif ke arah Bandung.

"Pasti, kita sudah siapkan jalur alternatif ini. Sedangkan jalur alternatif menuju ke kawasan Puncak, itu dari arah Cikalongkulon atau tepatnya di Desa Cinangsi kemudian masuk ke Mariwati, Kawungluwuk, Kota Bunga, sampai ke Hanjawar," terang Aris kepada Media Indonesia, Jumat (15/4).

Aris menuturkan kesiapan jalur alternatif dibarengi juga dengan kemantapan kondisi ruas-ruas jalan yang akan dilalui kendaraan. Sejauh ini kondisi jalannya sudah cukup bagus. "Jika di ruas jalur utama padat, para pemudik bisa menggunakan jalan alternatif. Insya Allah kondisinya aman," tegasnya.

Menghadapi kesiapan arus mudik Lebaran, kata Aris, sudah mulai dibahas secara lintas sektoral. Terutama upaya-upaya antisipasi terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas di daerah rawan. "Ada beberapa titik yang kami identifikasi rawan kemacetan dan kecelakaan menghadapi arus mudik Lebaran," kata Aris.

Kepala UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah V Sukaluyu, Endang Kurnia, mengatakan pemeliharaan jalan dan drainase terus digiatkan menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini. Terlebih, beberapa titik ruas jalan di Wilayah V Sukaluyu merupakan jalur alternatif saat terjadi kepadatan di ruas jalan utama.

"Kami terus lakukan pemeliharaan rutin ruas-ruas jalan yang berlubang, termasuk memperbaiki drainase. Apalagi sekarang mendekati arus mudik Idul Fitri, kami ingin memberikan kenyamanan kepada para pengguna jalan," kata Endang, Jumat (15/4).

Jalur alternatif di UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah V Sukaluyu itu diantaranya ruas Lingkar Bojong-Rawabango, Jalan Pramuka, serta ruas Sindanglaka-Warungdanas. Di ruas-ruas jalan tersebut sudah tak ditemukan lagi yang kondisinya berlubang. "Dari sekarang kami menyicil melakukan pemeliharaan supaya tidak terjadi kerusakan ruas jalan yang parah," pungkasnya. (MI)

Posting Komentar