Desa Tanjungjaya Wakil Karawang Lomba Pemanfaatan Pekarangan Sumber Karbohidrat Tingkat Jabar

Desa Tanjungjaya Kecamatan Tempuran, menjadi satu-satunya desa yang menjadi wakil Karawang ke tingkat provinsi Jawa Barat untuk lomba Pemanfaatan Pekarangan sebagai sumber karbohidrat. Launching lomba sendiri, dilakukan hari ini, Selasa (22/3/2022) dan di laksanakan selama 4 bulan kedepan hingga Juli.

H Warjoni, Kades Tanjungjaya Kecamatan Tempuran

Kasie Pemerintahan Kecamatan Tempuran, Encep Supriyadi mengatakan, di sela-sela minggon, pihaknya menerima informasi dari Ibu Plt Camat terkait lomba yang di launching kan hari ini. Kemudian, pihak Kabupaten menunjuk wilayah satu RW di Desa Tanjungjaya sebagai lokasi yang akan di perlombakan di tingkat provinsi Jawa Barat mewakili Karawang. Adapun satu RW tersebut, kriteria yang harus di penuhi selama 4 bulan berjalan kedepan, antara lain data luas wilayah RW, jumlah penduduk keseluruhan, jumlah tanaman yang menanam karbohidrat, jumlah penduduk RW locus dan jumlah tanaman dalam satu RW.

"Tanaman harus di tanam langsung di pekarangan dan tidak menggunakan Polybag, karung atau pot. Adapun jenis tanamannya jagung, sayuran, umbi-umbian dan singkong sumber karbohidrat. Nantinya, sebagai penopang penilaian ibu PKK meminta desa imbas sekitar seperti Pancakarya menuju Tanjungjaya, agar juga disiapkan bertanam yang sama untuk menyempurnakan penilaian, " Katanya.

Kades Tanjungjaya H Warjoni mengaku, berbagai lomba tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi diakuinya banyak menyasar desanya. Meskipun sempat bingung soal penganggaran dan alurnya, namun mau tidak mau ini harus di jalani dan di dukung semua pihak. Karenanya, menopang lomba pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber karbohidrat ini, pihak Dinas Pertanian, sudah berkoordinasi dengannya, khususnya untuk pengadaan bibit dan penanamannya nanti agar mulus sampai hari H penilaian.

"Kita butuh support dari semua pihak dan pendampingannya untuk suksesi lomba ini, " Ujarnya. (Rd)
Posting Komentar