Perempuan Asal Tasikmalaya Ini Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia 2021

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati masuk ke dalam jajaran Wanita Paling Berpengaruh di Dunia versi majalah Fortune.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati

Nicke Widyawati, wanita kelahiran Tasikmalaya tersebut masuk di urutan ke 17 dari total 50 wanita di seluruh dunia yang masuk ke dalam daftar.

Diketahui, Nicke Widyawati dianggap oleh Fortune sebagai wanita yang memiliki tanggung jawab serta memberikan perubahan besar dalam tantangan pandemi global.

"Dengan itu muncul tanggung jawab dan tantangan yang sangat besar, tetapi juga kekuatan untuk membuat perubahan besar dan berarti di dunia yang mendambakannya," tulis malajah Fortune dikutip Pikiran Rakyat-Tasikmalaya.com dari Fortune pada 11 Oktober 2021.

Perempuan Tasikmalaya kelahiran 25 Desember 1967 tersebut telah mengalami tiga hambatan besar selama memimpin Pertamina selama pandemi Covid-19.

"Jatuhnya harga minyak, penurunan permintaan bahan bakar, dan tekanan nilai tukar," ungkap Fortune.

Dengan adanya faktor tersebut membuat Pertamina mengalami penurunan tajam dalam pendapatan sebesar 24 persen.

Selain itu Pertamina juga mengalami penurunan laba yang cukup besar sebanyak 58,4 persen.

Direktur Utama Pertamina tersebut berhasil mencapai target produksi pada paruh pertama tahun 2021.

Namun Majalah Fortune menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 masih diperkirakan akan membebani kinerja Pertamina dibawah Nicke Widyawati.

Selain tiga faktor tersebut, Pertamina juga mengalami kejadian dimana dua kliangnya mengalami kebakaran di awal tahun 2021.

Dalam tantangan yang dialami Pertamina tersebut, Nicke Widyawati berupaya mendukung transisi energi Indonesia.

Upaya yang dilakukan berupa membangun portofolio sumber energi terbarukan untuk menggerakkan negara dengan lebih bersih di masa depan.

Atas hal tersebut Nicke Widyawati masuk ke dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia tahun 2021 versi majalah Fortune.

Sementara untuk posisi pertama diraih oleh Emma Walmsley selaku CEO GlaxoSmithKline.

Emma Walmsley berhasil menghadapi aktivis yang sangat agresif disaat dirinya terus memajukan organisasi dalam waktu yang tidak pasti.

Sebelumnya, tahun 2020, Nicke Widyawati menjadi perempuan Indonesia yang masuk kedalam wanita paling berpengaruh di dunia dalam majalah Fortune.

Nicke Widyawati menempati peringkat 16 dari 50 perempuan paling berpengaruh dari berbagai negara di dunia.***(PR)

Posting Komentar