no fucking license
Bookmark

Kabar Gembira ! TPI Ciparagejaya Lombakan Kerajinan Miniatur Perahu Nelayan Lokal

Bagi anda penggemar dan atau pengrajin miniatur perahu di sekitaran pantai Ciparagejaya Kecamatan Tempuran dan sekitarnya, ada kabar baik. Pasalnya, manajemen Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ciparagejaya akan menghelat lomba kerajinan perahu nelayan dengan pola jadul dan menjadi ciri khas perahu tempo doeloe seperti Perahu Kolek Batik dan Perahu Condong pada 1 Desember 2021.

Manajer TPI Ciparagejaya, Kartono mengatakan, selain mewadahi kreativitas anak muda pesisir di Ciparagejaya yang gemar membuat kerajinan miniatur perahu nelayan, ia juga membuka lomba bagi pengrajin lainnya dari 12 pantai lainnya di Karawang untuk ikut serta dan membuat pola perahu jadul se unik mungkin. Perahu miniatur yang dibuat adalah perahu lokal khas ciparagejaya yaitu Kolek Batik dan Condong dengan kriteria ukuran panjang sekitar 60 centimeter dan lebar muka 30 centimeter.

"Lombanya kami siap gelar pada 1 Desember nanti, Juara 1 hadiahnya Rp2 jutan, Utuk juara 2 hadiahnya Rp 1,5 juta dann utuk juara 3 hadiahnya Rp1 juta, " Kata Kartono, Minggu (31/10).

Ia menambahkan, untuk lomba kreatifitas membuat miniatur perahu ini, polanya sudah ada dan sudah di sebar via woro-woro. Nantinya, miniatur juara 1 akan di berikan langsung ke Bupati Karawang dan Juara 2 ke Wakil Bupati Karawang. Sukur-sukur, hasil kerajinan yang di buat para pengrajin pesisir ini, di abadikan di Galeri Budaya Pemkab Karawang. Sehingga, bisa di lihat dan jadi wahana pengetahuan soal miniatur perahu lokal tempo dulu.


" Nanti yang juara, miniaturnya kami serahkan ke Bupati dan Wakil Bupati Karawang, sukur kalau kedepan bisa di abadikan di Galeri Budaya Pemkab Karawang, karena ini merupakan kearifan lokal masyarakat peisisiran Karawang, " Ujarnya. (Rd)
Posting Komentar

Posting Komentar

Close x