Bawaslu Imbau Masyarakat Putuskan Politik Uang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengimbau semua kalangan masyarakat di Provinsi Maluku Utara (Malut) untuk  memutuskan mata rantai politik uang yang sering terjadi pada Pemilihan Umum (Pemilu) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), termasuk menghadapi Pemilu Serentak 2024.

"Politik uang akan melahirkan pemimpin dan pemerintahan yang korupsi, hal ini berkaca dari sejumlah kepala daerah yang diproses hukum, sejatinya rekrutmen politik dan proses demokrasi di Indonesia seharusnya melahirkan pemimpin prorakyat," kata Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo melalui keterangan tertulis, saat membuka Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) tingkat dasar 2021, di Kota Ternate, Malut,  Selasa (5/10/2021)

Selain itu, kata Ratna, pentingnya keterlibatan masyarakat, pemilu tanpa partisipasi masyarakat tidak akan mencapai kualitasnya, sebab pemilu itu adalah pengawasan oleh rakyat.

Menurut dia, Bawaslu telah melakukan berbagai upaya keterlibatan masyarakat terutama kalangan generasi muda dalam mengawasi pemilu, salah satunya SKPP, sehingga diharapkan setelah mengikuti SKPP para peserta akan menjadi pemilih yang berkarakter serta peserta SKPP akan menjadi pelopor pemilu yang berkualitas.

Dirinya menekankan pentingnya, keterlibatan aktif masyarakat secara luas dalam membantu tugas-tugas pengawasan Bawaslu. Program SKPP yang dicanangkan Bawaslu RI harus benar-benar dilaksanakan dengan baik.

"Ke depannya peserta SKPP diharapkan dapat menjalankan tugas dengan memberi informasi serta pemahaman kepada masyarakat tentang partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu," katanya.

Selain SKPP, Bawaslu di daerah, kata Ratna Dewi, juga bisa menginisiasi kegiatan lain, seperti sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat, atau kerja sama dengan sekolah, perguruan tinggi, partai politik bahkan ormas.

"Sosialisasi tentang penanganan pelanggaran kenapa penting, karena kita berharap Pemilu 2024 masyarakat bisa lebih berperan aktif ikut dalam pengawasan, sehingga hasil pemilu kita bisa lebih berkualitas," katanya.(ts)

Posting Komentar