Video Ketua DPRD Ketapang Joget Tanpa Prokes Viral

Video diduga Ketua DPRD Ketapang, Kalimantan Barat, terlihat berjoget tanpa protokol kesehatan (prokes) dalam sebuah kerumunan warga. Polda Kalbar membenarkan video tersebut direkam saat Ketua DPRD Ketapang reses pada 17 Juli 2021.

Sebanyak 2 konten video yang masing-masing berdurasi 1 menit 31 detik dan 1 meni 32 detik ini memperlihatkan ketua DPRD Kabupaten Ketapang sedang berjoget. Pihak berwajib tengah meneliti video kerumunan warga tanpa prokes.

“Kami telah melakukan beberapa penyelidikan dan menyita beberapa vidio dan undangan terkait acara tersebut,” ujar Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Donny Charles Go dalam tayangan Headline News di Metro TV, Senin, 19 Juli 2021.

Dia menyebut video tersebut direkam pada saat reses DPRD Ketapang. Acara digelar di lapangan voli Muara Pawan. Dalam video yang sama, Ketua DPRD Ketapang juga terlihat memberikan uang kepada warga yang sedang berjoget.

Polres Ketapang sudah memonitor peristiwa ini serta melakukan penyelidikan. Sebanyak 6 orang saksi, termasuk ketua panitia acara, diperiksa.

Pihak yang bertanggung jawab terancam dijerat Undang-Undang Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekararantinaan Kesehatan dengan ancaman hukuman pidana 1 tahun penjara dan denda Rp100 juta. Padahal, Kabupaten Ketapang masuk dalam wilayah zona oranye penyebaran covid-19. (***)

Posting Komentar